Kami, PLN Grup berkomitmen tidak boleh ada listrik yang mati, tidak boleh ada ibadah yang terganggu, dan tidak ada fasilitas umum yang boleh bermasalah listriknya
Jakarta (ANTARA) - PT PLN Indonesia Power, Subholding BUMN PT PLN (Persero), memastikan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat, dalam kondisi andal selama Ramadhan hingga Lebaran 2023.

Direktur Utama PLN Indonesia Power Edwin Nugraha Putra dalam keterangannya di Jakarta, Rabu mengatakan realisasi faktor kapasitas (capacity factor/CF) pada triwulan I 2023 di angka 82,45 persen atau di atas target 70,1 persen dan hari operasi pembangkit (HOP) aman di atas 18 hari.

Baca juga: PLN Indonesia Power borong penghargaan Digitech Award 2023

Ia pun memastikan PLN Indonesia Power akan menjaga peran vital di sisi hulu sistem kelistrikan dan siap menjaga pasokan listrik tetap andal agar masyarakat dapat menikmati libur Idul Fitri 1444 H dengan nyaman.

"Kami pastikan pembangkit-pembangkit kami tetap andal dan masyarakat Indonesia yang beribadah Ramadhan serta berkumpul dengan keluarga saat momen Idul Fitri dapat menjalankannya dengan aman dan nyaman dengan kehadiran listrik kami. Kami, PLN Grup berkomitmen tidak boleh ada listrik yang mati, tidak boleh ada ibadah yang terganggu, dan tidak ada fasilitas umum yang boleh bermasalah listriknya," ujar Edwin.

Menurut dia, dalam beberapa hari ke depan, jajaran direksi PLN Indonesia Power melakukan inspeksi ke unit-unit pembangkit yang tersebar di seluruh penjuru Tanah Air.

"Kami ingin tumbuhkan kepedulian antarpegawai maupun manajemen untuk menumbuhkan jiwa kebersamaan dalam menjaga keandalan pembangkit," ujarnya.

Sementara itu, Senior Manager PLTU Pelabuhan Ratu Rizqi Priatna menambahkan saat ini kondisi PLTU Pelabuhan Ratu dalam keadaan sangat baik dan siap menyalurkan listrik selama Ramadhan hingga Idul Fitri 1444 H.

"PLTU Pelabuhan Ratu saat ini dalam kondisi baik, di mana CF atau faktor kapasitas yakni perbandingan antara kapasitas rata-rata dalam megawatt (MW) produksi selama periode tertentu terhadap kapasitas terpasang mencapai 82,45 persen pada triwulan pertama 2023, yang mana angka tersebut melebihi target sebesar 70,1 persen. Selain itu, dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri, kami pastikan pasokan energi primer aman yaitu lebih dari 18 hari," ujarnya.

Ia melanjutkan PLTU Pelabuhan Ratu juga memiliki peran vital dan strategis di wilayah Jawa Barat, dengan menopang pasokan daya listrik sebesar 85 persen di Kabupaten dan Kota Sukabumi dan bahkan sampai area Cibinong dan Bogor.

Baca juga: PLN Indonesia Power melakukan terobosan permasalahan DAS Serayu

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023