Jakarta (ANTARA) - PT Indosat Ooredoo Hutchison Tbk (ISAT) telah mengintegrasikan 100 persen jaringan sebagai persiapan dalam menghadapi lonjakan trafik periode mudik Lebaran 2023.

"Kita sudah punya jaringan yang terintegrasi 100 persen. Jadi memberikan kita momentum yang sangat baik untuk merasakan pengalaman mudik yang luar biasa di kesempatan kali ini,” kata SVP Head of Network Operations ISAT, Agus Sulistio saat konferensi pers di Jakarta Pusat, Rabu.

Ia menjelaskan Indosat telah mengintegrasikan seluruh jaringannya dengan teknologi Multi Operator Core Network (MOCN) yang dilakukan di lebih dari 46 ribu site di seluruh Indonesia.

"Ini menjadi suatu kekuatan baru untuk kita untuk menikmati layanan super dari IOH, baik untuk produk 3 maupun IM3. Network kita terintegrasi dan semua sudah di fully optimize. Teman-teman bisa rasakan di jalur mudik yang sudah kita test lebih lanjut dengan tim-tim yang ada di regional,” imbuhnya.

Ia memastikan integrasi tersebut selesai sesuai target pada akhir Maret lalu, berkat dukungan dari para mitra yaitu Ericsson, Huawei, dan Nokia sebagai penyedia perangkat radio, serta mitra-mitra transmisi, core, infrastructure tower, fiber optic, dan lainnya.

Baca juga: Kadin-Indosat kolaborasi kembangkan talenta digital Tanah Air

Kini, seluruh pelanggan Indosat, baik IM3 maupun Tri, sudah dapat merasakan jangkauan jaringan yang lebih luas dengan tambahan lebih dari 700 kecamatan, kualitas layanan di dalam ruangan yang lebih baik untuk tambahan 32 persen populasi serta pengalaman internet yang lebih cepat hingga dua kali lipat.

Indosat juga memastikan kecepatan unduh dan latensi yang lebih baik, dapat meningkatkan sekitar 20 persen pengalaman pelanggan untuk layanan utama seperti video streaming dan gaming.

Dalam kesempatan ini, Agus menjelaskan bahwa pihaknya memprediksi kenaikan atau lonjakan trafik yang terjadi pada momen arus mudik dan balik Lebaran 2023 hingga 20 persen dibandingkan hari normal.

"Jadi 20 persen perkiraan lonjakan trafik dan saat ini kita tidak hanya fokus di Jawa, tapi juga Kalimantan dan Sulawesi, karena kita juga ingin memberikan pengalaman baik di sana," ujarnya.

Selain itu, Indosat juga telah mempersiapkan jaringan di sejumlah titik yang banyak dilalui pemudik pada kota-kota seperti Tasikmalaya, Cirebon, Sukabumi, Bandar Lampung dan Serang yang diperkirakan menjadi tujuan mudik terbanyak.

Baca juga: Indosat selesaikan penataan ulang frekuensi 2,1GHz

Baca juga: Indosat akan terus perluas jangkauan jaringan 5G

Baca juga: Indosat catat pendapatan Rp46,75 triliun di 2022, naik 48,9 persen


Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2023