Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa bidang politik terjadi di Indonesia pada Rabu (12/4), mulai dari Menteri PPN laporkan ke Presiden pembangunan IKN mencapai 26 persen, hingga Kapolri sebut siapkan pasukan reaksi cepat Brimob amankan Pemilu 2024.

Berikut sajian berita bidang politik yang dirangkum LKBN ANTARA.


Menteri PPN laporkan ke Presiden pembangunan IKN mencapai 26 persen

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa melaporkan kepada Presiden Joko Widodo terkait perkembangan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang saat ini sudah mencapai 26 persen.

Hal itu disampaikan Suharso dalam keterangan pers usai menghadiri rapat internal dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

Kapolri laporkan upaya pembebasan pilot Susi Air

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo melaporkan upaya yang telah dilakukan pihaknya bersama TNI dalam membebaskan pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens yang disandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya sejak 7 Februari 2023.

"Polri bersama TNI telah menggelar Operasi Paro 2023 melibatkan 965 personel, di mana personel tersebut sudah kami terjunkan ke titik-titik tertentu untuk melaksanakan tindakan," kata Sigit dalam paparannya saat rapat.

Selengkapnya baca di sini.

Komisi II DPR setujui RPKPU tentang pencalonan DPR-DPRD dan DPD

Komisi II DPR RI menyetujui dua rancangan peraturan komisi pemilihan umum (RPKPU) masing-masing terkait pencalonan anggota DPR dan DPRD, serta mengenai pencalonan perseorangan peserta pemilu anggota DPD.

"Komisi II DPR RI bersama dengan Kementerian Dalam Negeri, KPU RI, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menyetujui RPKPU sebagai berikut Rancangan PKPU tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota serta Rancangan PKPU tentang Perubahan Kedua PKPU Nomor 10 Tahun 2022 tentang Pencalonan Perseorangan Peserta Pemilu Anggota DPD,” ujar Wakil Ketua Komisi II DPR RI Junimart Girsang di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

Partai Golkar dan PSI sepakat mendorong lahirnya koalisi besar

Partai Golkar dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyepakati untuk mendorong lahirnya koalisi besar partai politik pada Pemilu 2024.

"PSI hadir untuk ikut mendorong koalisi besar, dan ini menunjukkan koalisi besar semakin relevan dan semakin baik untuk didorong," kata Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto saat memberikan keterangan pers di Kantor DPP Golkar, Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

Kapolri sebut siapkan pasukan reaksi cepat Brimob amankan Pemilu 2024

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mengatakan pihaknya menyiapkan personel Brimob yang tergabung dalam pasukan reaksi cepat (PRC) sebagai bentuk kesiapan pengamanan Polri dalam menghadapi Pemilu 2024.

Hal tersebut disampaikannya dalam rapat kerja Komisi III DPR bersama Kapolri di Ruang Rapat Komisi III DPR, komplek parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023