Washington (ANTARA) - Beberapa pembuat kebijakan Federal Reserve bulan lalu mempertimbangkan untuk menghentikan kenaikan suku bunga setelah kegagalan dua bank regional dan perkiraan dari staf Fed bahwa tekanan sektor perbankan akan mendorong ekonomi ke dalam resesi.

Tetapi bahkan mereka menyimpulkan bahwa inflasi tinggi tetap sangat penting sehingga mereka terus melanjutkan dengan kenaikan suku bunga meskipun berisiko.

Setelah perdebatan kompleks yang tak terduga yang membentuk kembali beberapa pandangan kebijakan secara real time, perkembangan dramatis setelah kegagalan Silicon Valley Bank pada 10 Maret akhirnya tidak banyak menggagalkan kampanye kenaikan suku bunga Fed, dengan para pejabat yakin mereka dapat melawan inflasi dengan satu set alat dan menstabilkan pasar keuangan dengan yang lainnya.

"Beberapa peserta ... mempertimbangkan apakah akan tepat untuk mempertahankan kisaran target stabil pada pertemuan tersebut" untuk menilai bagaimana perkembangan sektor keuangan dapat mempengaruhi pinjaman dan jalur ekonomi, menurut risalah pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) pada 21-22 Maret yang dirilis pada Rabu (12/4/2023).

Staf Fed menilai potensi kejatuhan dari tekanan sektor perbankan memproyeksikan "resesi ringan" mulai akhir tahun ini, dengan pemulihan pada 2024-2025, risalah menunjukkan.

Meski begitu, beberapa pembuat kebijakan Fed yang memperdebatkan jeda akhirnya mendukung kenaikan suku bunga seperempat poin persentase, setuju bersama dengan pembuat kebijakan lain bahwa tindakan yang diambil oleh regulator keuangan AS dan Fed telah "membantu menenangkan kondisi di sektor perbankan dan mengurangi risiko jangka pendek untuk aktivitas ekonomi dan inflasi," kata risalah tersebut.

Inflasi, sementara itu, "tetap jauh di atas sasaran jangka panjang Komite sebesar 2,0 persen," dan pejabat Fed "setuju ... bahwa data inflasi baru-baru ini memberikan sedikit tanda bahwa tekanan inflasi mereda pada kecepatan yang cukup untuk mengembalikan inflasi ke 2,0 persen."

Risalah tersebut menunjukkan sebuah komite yang dipaksa oleh kegagalan Silicon Valley Bank dan Signature Bank ke dalam debat kompleks yang tak terduga, tetapi pada akhirnya bergerak maju dengan suku bunga yang lebih tinggi.

"Beberapa peserta mencatat ... mereka akan mempertimbangkan kenaikan 50 basis poin ... jika tidak ada perkembangan terakhir di sektor perbankan," kata risalah tersebut. "Peserta sepakat bahwa perkembangan perbankan baru-baru ini akan menjadi faktor dalam keputusan kebijakan moneter Komite sejauh perkembangan ini mempengaruhi prospek lapangan kerja dan inflasi serta risiko seputar prospek tersebut."

Sebagian besar pembuat kebijakan Fed sejak pertemuan Maret, dengan pengecualian Presiden Fed Chicago Austan Goolsbee dan Presiden Fed San Francisco Mary Daly, telah memusatkan pernyataan mereka pada kebutuhan untuk menurunkan inflasi daripada risiko pengetatan kondisi kredit.

Pembuat kebijakan pada pertemuan Maret memperlemah komitmen mereka untuk kenaikan suku bunga lebih lanjut, menghilangkan kebutuhan yang dinyatakan untuk "kenaikan yang sedang berlangsung" dari pernyataan kebijakan dan hanya mengatakan bahwa pengetatan "lebih jauh" kemungkinan akan diperlukan.

Jelas dari risalah tersebut bahwa kegagalan SVB dan Signature Bank memperkenalkan rasa kehati-hatian baru, dengan para pejabat mengabaikan pertimbangan kenaikan setengah poin, dan menunjukkan masalah stabilitas keuangan akan diawasi dengan ketat.

Proyeksi yang diterbitkan pada pertemuan tersebut menunjukkan bahwa sebagian besar pembuat kebijakan memperkirakan perlu melakukan satu kali kenaikan suku bunga lagi sebelum berhenti.

"Peserta mengamati bahwa inflasi tetap terlalu tinggi dan pasar tenaga kerja tetap terlalu ketat; sebagai akibatnya mereka mengantisipasi bahwa beberapa penguatan kebijakan tambahan mungkin tepat," kata risalah tersebut.

Pasar keuangan sedikit berubah setelah risalah.

"Saya tidak melihat sesuatu yang baru yang begitu signifikan dalam laporan FOMC ini yang akan mengubah pikiran saya tentang apa pun. Mereka akan bergerak dengan 25 basis poin dan kemudian akan berhenti," kata Ken Polcari dari Kace Capital Advisors.

Baca juga: Wall Street ditutup lebih rendah setelah risalah Fed dan data inflasi
Baca juga: IMF desak kebijakan fiskal lebih ketat untuk bantu jinakkan inflasi
Baca juga: Dolar AS menukik karena inflasi AS terus mendingin Maret 2023

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023