Yogyakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, yang biasa dipanggil Jokowi, menerima penghargaan Tokoh Publik Pilihan 2012 dari Serikat Perusahaan Pers Pusat.

Penghargaan tersebut diserahkan Ketua Umum Serikat Perusahaan Pers (SPS) Pusat Dahlan Iskan kepada Jokowi pada forum konferensi dan penghargaan SPS Pusat di Yogyakarta, Jumat.

Selain Jokowi, SPS Pusat juga memberikan penghargaan Tokoh Publik Pilihan 2012 kepada Agus DW Martowardojo, Anies R Baswedan, Mahfud MD, dan Jusuf Kalla.

"Dalam forum bertajuk `The 1st SPS-Indonesia PR Summit 2012` itu SPS Pusat juga memberikan penghargaan kepada tiga lembaga dan lima korporasi," kata Wakil Dewan Juri SPS Pusat Bambang Halilintar.

Tiga lembaga penerima penghargaan Lembaga Publik Pilihan SPS 2012 itu adalah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Komisi Yudisial (KY), dan Mahkamah Konstitusi (MK).

Lima korporasi penerima penghargaan Korporasi Pilihan SPS 2012 adalah Astra Indonesia, Bank Mandiri, Garuda Indonesia, Kereta Api Indonesia, dan Telkom.

Ia mengatakan tokoh, lembaga, dan korporasi itu diberi penghargaan karena pemikiran, aktivitas sosial maupun terobosan kebijakan mereka telah memberikan manfaat yang besar pada publik.

"Penghargaan diberikan kepada tokoh, lembaga, dan korporasi berdasarkan pengamatan dan masukan publik serta penilaian dewan juri," katanya.

Sementara itu, Jokowi mengatakan penghargaan itu patut disyukuri, meskipun dirinya tidak berniat mencari popularitas dalam mengemban tugas sebagai gubernur.

"Saya hanya menjalankan tugas, dan apa yang saya lakukan itu murni atas dasar keinginan hati dan perencanaan yang sesuai dengan program kerja," kata mantan Wali Kota Solo itu.

(B015*H010)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012