Manila (ANTARA) - Prancis telah berkomitmen untuk turut membantu menjaga perdamaian, keamanan, dan stabilitas di kawasan Indo-Pasifik.

Atase Pertahanan Prancis untuk Filipina Kolonel Pierre Millet menyampaikan komitmen negaranya saat berkunjung ke markas besar Angkatan Laut Filipina (PN) di Manila, Rabu (12/4).

"Wakil Panglima PN, Laksamana Muda Caesar Bernard Valencia menerima kunjungan kehormatan Kolonel Millet di mana kedua pihak berkesempatan untuk bertukar pikiran terkait latihan militer gabungan Balikatan (antara Filipina dan AS) yang sedang berlangsung," kata Juru Bicara PN Kapten Benjo Negranza dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada Rabu malam.

Kedua pihak, Negranza menambahkan, juga berbicara perihal kemungkinan berbagai kegiatan prospektif yang dapat meningkatkan kapabilitas militer Filipina.

Negranza juga mengatakan bahwa Valencia menyampaikan apresiasi PN kepada militer Prancis atas kerjasama dan dukungannya. Ia juga antusias menantikan PN untuk menjalin lebih banyak lagi keterlibatan dengan militer negara lain yang memiliki kesepahaman.

"PN selalu menyambut baik kehadiran militer negara-negara bersahabat, seperti angkatan laut dan angkatan bersenjata Prancis, untuk mendukung kami menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan Indo-Pasifik," ujar Valencia.

Sumber: PNA-OANA

Baca juga: Prancis siap tingkatkan kerja sama dengan negara kawasan Indo-Pasifik

Baca juga: Presiden Prancis bahas kerja sama Indo-Pasifik dengan PM India

Penerjemah: Tegar Nurfitra
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2023