saat Lebaran bisa mencapai 400 hingga 700 orang
Jakarta (ANTARA) - Pengelola Terminal Lebak Bulus memastikan kesehatan sopir serta bebas dari narkoba selama berkendara, setelah melalui rangkaian pengecekan menjelang mudik Lebaran 2023.

"Posko mulai dari inspeksi keselamatan kendaraan bermotor (ramp check), kesehatan, hingga tes narkoba bagi sopir akan diadakan serempak pada Jumat 14 April besok," kata Kepala Terminal Lebak Bulus Iman Syafril saat ditemui, di Jakarta, Kamis.

Iman menerangkan posko "ramp check" nantinya akan mengecek kelayakan bis apakah bisa dibawa dalam jarak jauh.

"Jika ditemukan tidak layak maka bis tidak diberangkatkan dan diganti armada berikutnya," katanya.

Selain itu, dia menambahkan posko kesehatan ini tak hanya sopir melainkan juga terbuka bagi umum untuk mengecek kesehatan sebelum menempuh perjalanan jarak jauh.

Baca juga: Kue lebaran putri salju dan nastar paling digemari di Pasar Jatinegara

Tak hanya itu, sejumlah anggota Pramuka akan secara sukarela memberikan bantuan mulai dari membantu mengarahkan arus lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan hingga memberikan informasi rute perjalanan kepada penumpang.

"Untuk menjaga keamanan nantinya secara 'mobile' dari kepolisian, Bhabinkamtibmas dan Babinsa yang rutin memantau lokasi," tambahnya.

Dengan demikian, pihaknya meyakinkan keamanan dan ketertiban di Terminal Lebak Bulus terjamin dan dipastikan aman bagi para penumpang.

Terlebih, pihaknya sudah siap menerima lonjakan para penumpang yang didominasi mudik dengan tujuan Jawa Timur, Jawa Barat dan Jawa Tengah menjelang Idul Fitri mendatang.

Jika pada hari biasa, tersedia 25-28 armada dengan rata-rata 100 hingga 160 penumpang per hari. Maka untuk Lebaran diperkirakan meningkat sehingga pihaknya menyediakan 49-60 armada.

Baca juga: Bahan pangan di Kecamatan Palmerah mulai naik jelang lebaran

"Penumpang saat Lebaran bisa mencapai 400 hingga 700 orang dan diperkirakan puncak ramainya pada 19 sampai 21 April," ujarnya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyediakan empat terminal bus utama dan tiga terminal bus bantuan berikut posko pemantauan di setiap terminal untuk mendukung mudik Lebaran 2023.

Keempat terminal utama yang diadakan untuk mudik antara lain Terminal Bus Pulogebang, Terminal Bus Kampung Rambutan, Terminal Bus Kalideres, dan Terminal Bus Tanjung Priok.

Sedangkan tiga terminal bantuan yakni Terminal Grogol, Terminal Muara Angke, dan Terminal Lebak Bulus.

Baca juga: Usaha kue kering di Jakarta Timur kebanjiran pesanan menjelang lebaran

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023