Saya belum tahu persis keputusan FIFA. Tetapi, Alhamdulillah jika sepak bola Indonesia tidak diberi sanksi.
Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah dalam hal ini Kemenpora akan langsung melakukan koordinasi dengan Tim Gugus Tugas guna menyikapi keputusan FIFA yang kabarnya tidak memberikan sanksi pada Indonesia.

"Saya belum tahu persis keputusan FIFA. Tetapi, Alhamdulillah jika sepak bola Indonesia tidak diberi sanksi. Yang jelas kami akan melakukan koordinasi dengan Ibu Rita (Ketua Gugus Tugas) untuk membicarakan langkah selanjutnya," kata Pelaksana Tugas Menpora, Agung Laksono di Jakarta, Jumat.

Berdasarkan informasi dari Sekjen PSSI Halim Mahfudz dan anggota Komite Eksekutif PSSI Bob Hippy dari Tokyo Jepang, FIFA saat ini belum memberikan sanksi pada Indonesia meski hingga saat ini polemik yang terjadi belum tuntas.

FIFA selaku federasi sepak bola dunia menyerahkan penyelesaian polemik sepak bola nasional terkait dua federasi dan dua kompetisi ke AFC. FIFA hanya memberikan batas waktu penyelesaian hingga 30 Maret 2013.

Agung menegaskan selain akan melakukan koordinasi dengan Tim Gugus Tugas yang telah dibentuk pihaknya bersama tim juga akan melakukan koordinasi dengan FIFA dan AFC agar langkah yang dilakukan tidak dinyatakan semua intervensi.

"Kami berharap permasalahan ini cepat selesai demi kemajuan sepak bola Indonesia," kata pria juga menjabat sebagai Menko Kesra ini.

Polemik PSSI dengan Komite Penyelamat Sepak Bola Indonesia (KPSI) berjalan cukup lama. Hal ini bermula dipecatnya empat anggota Komite Eksekutif PSSI yaitu La Nyalla Mattalitti, Erwin Dwi Budiawan, Roberto Rouw dan Tony Aprilany.

Selain itu polemik juga muncul seiring berlangsungnya dua kompetisi dikasta tertinggi yaitu Indonesia Super League (ISL) dan Indonesia Premier League (IPL).

Akibat polemik ini sebenarnya FIFA telah memberikan tengGat waktu hingga 10 Desember lalu. Hanya saja berdasarkan rapat Komite Eksekutif FIFA di Tokyo Jepang, sanksi ini diinformasikan belum diturunkan.

"Kita masih menunggu surat resminya. Yang jelas untuk soal sanksi saya denger tidak ada," kata anggota Komite Eksekutif PSSI, Bob Hippy melalui sambungan telepon.

Bob mengaku sangat bersyukur dengan informasi yang diperoleh. Menurut dia, saat ini pihaknya harus bergerak cepat untuk menyelesaikan polemik sepak bola nasional yang saat ini masih berjalan. 

(B016/R010)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2012