Bandarlampung (ANTARA) - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan melakukan pemantauan pelaksanaan pasar murah di Provinsi Lampung menjelang Hari Raya Idul Fitri tahun 2023.

"Bazar atau pasar murah ini bertujuan untuk mendekatkan barang kebutuhan pokok, agar mudah didapat masyarakat dan harganya murah," kata Zulkifli Hasan, di Bandarlampung, Kamis.

Dengan menjaga ketersediaan bahan pokok dan mempermudah jalur distribusi ke masyarakat, katanya maka   stabilitas harga tetap terjaga.

Dia mengatakan semakin  intensif memantau pelaksanaan pasar murah atau bazar Ramadhan menjelang Lebaran di sejumlah tempat salah satunya di Lampung.

Mendag  mengatakan pasar murah di Lampung berlangsung di tiga titik yaitu di Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan, Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran serta Kedaton di Kota Bandarlampung.

"Sebelumnya sudah dilakukan peninjauan pelaksanaan pasar murah di daerah lain seperti di DKI Jakarta, Jawa Timur, dan Jawa Tengah. Dan pemerintah pusat serta daerah terus bekerjasama dengan pelaku usaha untuk melaksanakan pasar murah ini bagi masyarakat," tambahnya.

Menurut dia ada sejumlah bahan pokok yang dijual dalam pasar murah tersebut seperti telur ayam dengan harga Rp26 ribu per kilogram, gula pasir Rp12.500 per kilogram, Minyakita Rp14 ribu per liter, beras Rp43 ribu per lima kilogram.

"Bahan pokok ini juga dijual dalam bentuk paket, selain barang kebutuhan pokok, dijual juga berbagai macam produk UMKM milik masyarakat setempat," katanya.

Ia mengatakan dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga sesuai yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023