Makassar (ANTARA) - Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman bersama anggota Forkopimda Sulsel lainnya melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Pabaeng-baeng untuk mengecek langsung ketersediaan maupun harga bahan pokok jelang Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Hari ini kami turun langsung mengecek ketersediaan dan harga berbagai kebutuhan pokok karena Lebaran sebentar lagi," ujarnya di Makassar, Kamis.

Andi Sudirman  mengatakan untuk ketersediaan bahan pokok masih tercukupi hingga setelah lebaran dan bahkan harga juga relatif stabil.

Beberapa bahan pokok ada yang mengalami penurunan harga seperti bawang merah yang biasanya dijual Rp36-40 ribu per kilogram(kg) turun menjadi Rp32 ribu per kg.

Sementara harga ayam yang awalnya menyentuh angka Rp30 ribu per kg turun menjadi Rp26 ribu per kg. Beras juga relatif masih stabil meskipun ada juga yang mengalami kenaikan harga.

Harga beras ukuran zak lima kg saat ini dijual seharga Rp59 ribu, padahal pekan lalu hanya ditawarkan Rp54 ribu per kantong. Sedang beras ukuran 25 kg per zak dijual Rp315 ribu dari harga sebelumnya Rp310 ribu.

"Ada yang naik, ada juga yang turun dan banyak yang harganya juga stabil. Sementara untuk stok kebutuhan itu masih mencukupi," katanya.

Ia pun mengingatkan kepada masyarakat agar tidak memanfaatkan situasi dengan berbelanja melebihi kebutuhan karena akan berdampak pada ketersediaan.

"Yang pasti jika itu panic buying, sebanyak apapun stok akan berpengaruh. Jadi berbelanja sewajarnya saja, sesuai kebutuhan," ucapnya.
 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023