Semarang (ANTARA) - Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang, Jawa Tengah menambah operasional malam hari untuk melayani pemudik pada Lebaran 2023, khususnya yang menggunakan moda transportasi kapal laut.

Layanan malam hari Trans Semarang yang menempuh rute Pelabuhan Tanjung Mas-Simpang Lima-Tugu Muda dan kembali lagi ke Pelabuhan akan dioperasikan mulai 16-27 April 2023.

Kepala Badan Layanan Umum (BLU) Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Trans Semarang, Hendrix Setiawan di Semarang, Kamis, menyebutkan operasional malam hari dimulai pukul 17.30 hingga 23.00 WIB.

Setidaknya, kata dia, ada tiga armada yang disiapkan untuk mengangkut pemudik pada malam hari dengan waktu tunggu kedatangan bus yang diestimasi sekitar 15-20 menit.

Diakui Hendrix, dioperasikannya layanan malam pelabuhan itu sebagai transportasi lanjutan sehubungan dengan program mudik gratis dari pemerintah yang menggunakan kapal laut.

"Dinas Perhubungan Kota Semarang, dalam hal ini BLU UPTD Trans Semarang merespons program mudik gratis tersebut dengan mengoperasionalkan sejumlah armada dan menambah jam layanan untuk rute pelabuhan," jelasnya.

Lebih lanjut, kata dia, pemudik dari pelabuhan dapat langsung menuju pusat Kota Semarang seperti di Simpang Lima dan Tugu Muda, atau bisa transit untuk melanjutkan dengan rute malam lain.

"Penumpang juga bisa transit di Halte Simpang Lima untuk tujuan Mangkang dengan menggunakan Layanan Malam Mangkang-Simpang Lima," katanya.

Secara detail, Hendrix menjelaskan bus akan berhenti di Halte Kedatangan Penumpang di Pelabuhan Tanjung Mas, selanjutnya menempuh rute Jalan Ronggowarsito-Jalan Pengapon-Jalan Raden Patah-Jalan Dr. Cipto- Simpang Milo-Jalan Brigjen Katamso-Jalan Ahmad Yani-Simpang Lima.

Kemudian, bus melanjutkan perjalanan melewati Jalan Pandanaran-Tugu Muda-Jalan Imam Bonjol-Stasiun Poncol-Layur-Stasiun Tawang-Jalan Ronggowarsito, dan kembali ke Pelabuhan Tanjung Mas.

Hendrix menambahkan bahwa pada Jumat 21 April 2023 atau malam takbiran, akhir layanan reguler dari semua koridor adalah pukul 18.00 WIB dari Halte Balaikota, sementara untuk layanan malam tetap berakhir pukul 23.00 WIB.

"Selanjutnya, pada Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriah yang jatuh Hari Sabtu 22 April 2023, Trans Semarang tetap beroperasional dengan waktu awal Layanan mulai pukul 10.00 WIB dari semua titik keberangkatan," jelasnya.

"Pada Hari kedua lebaran, Minggu, 23 April 2023, waktu layanan kembali normal," pungkasnya.

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023