Semarang (ANTARA) - Kawasan Industri Terpadu Batang tersambung langsung dengan tol Trans Jawa di ruas Semarang-Batang.yang diharapkan semakin mendorong pertumbuhan perekonomian Jawa Tengah.

Direktur Utama PT Jasamarga Semarang Batang (JSB), Nasrullah, dalam siaran pers di Semarang, Kamis, mengatakan, koneksi antara kawasan industri Batang dengan ruas tol Trans Jawa ditandai dengan selesainya pembangunan simpang susun yang menjadi akses penghubung.

"Sebagai bentuk dukungan terhadap pemerintah dalam peningkatan perekonomian nasional, PT JSB telah menyelesaikan pembangunan simpang susun kawasan industri Batang," katanya.

Menurut dia, dengan terhubungnya kawasan industri Batang dengan tol Trans Jawa diharapkan mendukung pertumbuhan sektor industri serta menumbuhkan bangkitan lalu lintas kendaraan di tol Semarang-Batang.

Tol Semarang-Batang sepanjang 75 km itu, lanjut dia, menghubungkan toga wilayah besar di Jawa Tengah, yakni Kota Semarang, Kabupaten Kendal dan Batang.

Di sisi barat, ruas tol ini terhubung langsung dengan Jalan Tol Pemalang-Batang, sementara di sebelah timur terhubung langsung dengan ruas tol dalam Kota Semarang.

Ruas tol Semarang-Batang dilengkapi dengan lima gerbang tol serta empat titik tempat beristirahat.

Keberadaan ruas tol ini, lanjut Nasrullah, mampu memangkas waktu tempuh dari Semarang ke Batang atau sebaliknya menjadi satu jam lebih cepat jika dibanding jalan konvensional.

Baca juga: PLN jamin kebutuhan listrik Kawasan Industri Terpadu Batang terpenuhi
Baca juga: Kemnaker gelar pelatihan vokasi di KITB agar warga terserap industri
Baca juga: Perusahaan AS investasi 500 juta dolar bangun industri panel surya


Pewarta: Immanuel Citra Senjaya
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023