kami menjamin permintaan pasokan daya listrik oleh perusahaan di KITB akan terpenuhi
Batang, Jawa Tengah (ANTARA) - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Pekalongan, Jawa Tengah, menjamin pasokan energi listrik di Kawasan Industri Kabupaten Batang (KITB) dapat memenuhi kebutuhan perusahaan di kawasan itu.

Manajer PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Pekalongan Pekalongan Triyono di Batang, Rabu, mengatakan bahwa saat ini, pemakaian daya listrik di Kawasan Industri Terpadu Batang mencapai sekitar 4-5 megawatt dari 45 megawatt dan telah disediakan oleh PLN.

"Permintaan pasokan listrik di Kawasan Industri Terpadu Batang luar biasa. Namun saat ini pemakaian daya listrik di KITB hanya masih sekitar 4-5 megawatt karena para tenan masih dalam proses pembangunan," katanya.

Menurut dia, pihaknya memperkirakan permintaan pasokan daya listrik di Kawasan Industri Terpadu Batang pada tahap selanjutnya akan terus bertambah yaitu mencapai sekitar 600 megawatt.

"Namun, demikian, kami menjamin permintaan pasokan daya listrik oleh perusahaan di KITB akan terpenuhi. Ke depan, kami memperkirakan ada 29 perusahaan yang akan memanfaatkan pasokan daya listrik dari PLN," katanya.

Baca juga: PDAM Batang jamin pasokan air bersih di KITB cukup

Baca juga: KITB gandeng Pelindo kembangkan Pelabuhan Jetty di Batang Jateng


Triyono mengatakan saat ini jaringan listrik PLN sudah masuk di Kawasan Industri Terpadu Batang dan ada 7 perusahaan yang memanfaatkan pasokan daya listrik untuk memenuhi kebutuhan penyelesaian konstruksi bangunan perusahaan.

"Jadi pasokan daya listrik yang kami cukupi sekarang ini baru untuk kebutuhan penyelesaian konstruksi bangunan. Pemakaian daya listrik pun masih cukup rendah yaitu sekitar 5 megawatt," katanya.

Dikatakan, untuk menjaga keandalan pasokan daya listrik di Kawasan Industri Terpadu Batang, pihaknya merencanakan membangun gardu induk tambahan di kawasan ini.

"Gardu induk yang akan dibangun nanti memiliki kapasitas 120 megawatt dan itu bisa bertambah untuk menyesuaikan tenan yang ada di KITB. Adapun untuk memenuhi permintaan pasokan daya listrik, kini kami mengambil dari Gardu Induk Weleri," katanya.

Baca juga: PLN EPI minta insinyur muda kembangkan sistem kelistrikan Indonesia

Baca juga: PLN terapkan skema pengamanan kelistrikan berlapis di Piala Dunia FIBA

Pewarta: Kutnadi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023