Saat ini, para tenant di KITB sedang memasuki proses pembangunan konstruksi. Oleh karena itu, untuk mendukung proses itu, kami telah memfasilitasi layanan khusus guna mendukung proses pembangunan konstruksi di KITB
Pekalongan (ANTARA) - PT Perusahaan Listrik Negara Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Pekalongan, Jawa Tengah, menyiapkan pasokan aliran listrik 40 Megawatt sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan listrik di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB).

Manajer PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Pekalongan Triyono di Pekalongan, Rabu, mengatakan bahwa kesiapan pasokan aliran listrik tersebut sebagai bentuk dukungan proses pembangunan konstruksi sejumlah perusahaan di KITB.

"Saat ini, para tenant di KITB sedang memasuki proses pembangunan konstruksi. Oleh karena itu, untuk mendukung proses itu, kami telah memfasilitasi layanan khusus guna mendukung proses pembangunan konstruksi di KITB," katanya.

Menurut dia, pihaknya juga menyiapkan pembangunan gardu induk di dalam kawasan Kawasan Industri Terpadu Batang untuk kesiapan operasional pabrik ke depan.

"Pembangunan gardu induk listrik di dalam kawasan tersebut, nantinya hanya khusus untuk mendukung keandalan listrik bagi kebutuhan di KITB," katanya.

Ia mengatakan reservasi kebutuhan listrik di Kawasan Industri Terpadu Batang memang cukup besar sehingga kebutuhan daya listrik saat ini bisa mencapai hingga 40 Megawatt.

"Memang saat ini, dari ketersediaan pasokan daya listrik 40 Megawatt hanya bebannya baru 4 Megawatt. Ini artinya, kami masih memiliki cadangan listrik yang banyak untuk KITB," katanya.

Triyono mengatakan saat ini pembangunan gardu induk masih dalam proses dan diharapkan pada pertengahan 2025 sudah selesai untuk dioperasionalkan.

"PLN juga tengah merancang sistem kelistrikan di KITB agar minim oleh gangguan. Saat ini kebutuhan listrik untuk kebutuhan konstruksi di KITB dilayani dengan memanfaatkan gardu induk Weleri, serta nantinya akan dikembangkan dari gardu induk 'New Batang'," katanya.

Baca juga: Pemkab Batang minta PLN sediakan jaringan internet hingga pelosok

Baca juga: Pasok listrik Kawasan Industri Batang, PLN siapkan dua gardu induk

 

Pewarta: Kutnadi
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023