Kalau di total mungkin Rp2,5 triliun sampai Rp3 triliun untuk tahap 2 yang sudah in line. Itu total dari 5 perusahaan tapi yang di pipeline sangat banyak
Surakarta (ANTARA) - Holding BUMN Spesialis Transformasi dan Investasi Danareksa melalui PT Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) Jawa Tengah menerima kucuran investasi Penanaman Modal Asing senilai Rp2,5 triliun hingga Rp3 triliun untuk perjanjian penggunaan tanah industri seluas hampir 350 hektare.

“Kalau di total mungkin Rp2,5 triliun sampai Rp3 triliun untuk tahap 2 yang sudah in line. Itu total dari 5 perusahaan tapi yang di pipeline sangat banyak,” kata Direktur Investasi Danareksa, Chris Soemijantoro saat Media Gathering di Lokananta, Surakarta, Jawa Tengah, Senin.

Chris menyebutkan kelima investor tersebut akan menggunakan tanah industri di kawasan KITB fase 2 yang memiliki total lahan seluas 650 hektare. Investor tersebut diantaranya berasal dari China, yakni Wanxinda yang baru saja memulai ground breaking pada awal Desember 2023 dengan lahan seluas 98 hektare.

Wanxinda nantinya akan menjadi kawasan industri berupa penyediaan pabrik siap pakai untuk sejumlah perusahaan asal China. Namun penggunaan dan pengelolaannya dengan tetap mematuhi regulasi yang ditetapkan oleh KITB.

Selain Wanxinda, juga terdapat perusahaan asal China bernama PT Xiang Jiang Group Indonesia dengan nilai investasi sekitar 40-50 juta dolar AS.

Mengenai jumlah lahan industri di fase 2 yang belum sepenuhnya laku terjual, Chris menegaskan bahwa Danareksa tidak hanya mengejar kuantitas namun kualitas yang dalam artian tidak akan menjadi pesaing bagi industri yang sudah terlebih dahulu berinvestasi di Indonesia.

“Kita menyeleksi siapa yang masuk harus membawa turunan. The value chain has to be there to make sure bahwa Indonesia mendapatkan yang terbaik jangan menjadi kanibal dari industri yang ada di sini,” ucapnya.

Adapun untuk kawasan industri KITB fase 1 terdapat 14 tenant yang didominasi perusahaan manufaktur akan mengisi lahan seluas 450 hektar dengan total investasi senilai Rp6,8 triliun dan proyeksi tenaga kerja sekitar 15.707 orang.

Dari 14 tenant tersebut, 6 perusahaan yakni manufaktur keramik RKI, manufaktur PVC Unipack Plasindo, industri alas kaki Yih Quan, manufaktur kaca KCC, manufaktur obat dan radiofarmasi Interskala Medika Solusindo, dan manufaktur peralatan kesehatan Jayamas Medica Industri.

Baca juga: KITB peroleh kucuran dana persiapan operasional fase satu Rp786 miliar

Baca juga: KITB: Wanxinda Tiongkok siap tanamkan investasi Rp1 triliun di Batang

Baca juga: KITB peroleh investasi senilai Rp1 triliun dari China

Baca juga: Dirut Danareksa: Investasi di KITB buka lapangan kerja keahlian khusus


Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023