Yang mengajukan extra flight hampir 1.300 extra flight, didominasi pengajuan extra flight untuk penerbangan domestik
Jakarta (ANTARA) - PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II hingga saat ini telah menerima permintaan rencana penambahan jadwal penerbangan atau extra flight dari maskapai sekitar hampir 1.300 extra flight.

"Yang mengajukan extra flight hampir 1.300 extra flight, didominasi pengajuan extra flight untuk penerbangan domestik," ujar Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin di Jakarta, Kamis.

Muhammad Awaluddin menambahkan, pengajuan extra flight untuk domestik hampir sekitar 1.200, sedangkan extra flight untuk internasional sekitar 100.

Baca juga: AP II terima permintaan 1.016 "extra flight" untuk angkutan Lebaran

"Bandara Soekarno - Hatta (Soetta) menjadi anchor airport-nya untuk penerbangan domestik, jadi memang kita bisa memperkirakan semua pemudik yang pulang kampung ke daerah melalui Bandara Soetta," katanya.

Hal ini dikarenakan para pemudik sebagian besar berasal dari Jabodetabek yang ingin pulang kampung ke Jawa Tengah, Jawa Tengah, Sumatera dan sebagainya.

"Bandara Soetta mengambil porsi untuk extra flight sekitar 70 persen, sedangkan sisanya di bandara-bandara lain," ujar Muhammad Awaluddin

Selain Bandara Soetta, lanjutnya, bandara lainnya untuk extra flight yakni bandara Bandung, Palembang, Pekanbaru dan Kualanamu.

Sebelumnya, Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat ada 412 pesawat yang disiapkan untuk menghadapi masa angkutan Lebaran 2023.

Direktur Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara Ditjen Perhubungan Udara M. Mauludin mengatakan, Adapun rinciannya, yakni Garuda Indonesia 54 unit, Citilink 48 unit, Lion Air 86 unit, Batik Air 63 unit, Wings Air 50 unit, Super Air Jet 45 unit, Sriwijaya Air 4 unit, NAM Air dua unit, Pelita Air 5 unit, IAA 21 unit, Transnusa 4 unit, Susi Air 25 unit, dan Trigana Air 5 unit.

Adapun, jumlah penumpang juga diprediksi mengalami lonjakan pada masa Lebaran 2023, dengan dengan perkiraan mencapai 4.479.688 penumpang baik internasional dan domestik. Sementara pada masa Lebaran 2022, jumlah penumpang sebesar 3.097.628 juta penumpang baik internasional dan domestik.

Baca juga: AP II aktifkan posko mudik di Bandara Soetta mulai 14 April 2023
 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023