Kendari (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, mulai membangun dermaga khusus kapal mewah untuk melayani wisatawan pencinta alam bahari yang ingin membawa kapal sendiri ke daerah tujuan wisata itu.

"InsyaAllah, pembangunan dermaga pelabuhan kapal mewah khusus untuk wisatawan itu sudah bisa rampung dan dapat digunakan tahun depan ketika para peserta Sail Komodo 2013 singgah berlabuh di Wakatobi," kata Bupati Wakatobi, Hugua, di Kendari, Sabtu.

Dermaga khusus itu, menurut dia, dibangun untuk menjawab keluhan dari wisatawan yang membawa kapal sendiri ke Wakatobi dan tidak bisa sandar di pelabuhan umum karena khawatir kapal mereka berbenturan dengan kapal lain.

"Para pemilik kapal hanya melabuhkan kapalnya di tengah laut, tidak jauh dari pantai karena fasiltas dermaga pelabuhan khusus kapal mewah belum tersedia," katanya.

Pemerintah daerah berencana memungut retribusi sekitar 50 dolar AS per hari kepada wisatawan yang menyandarkan kapal di pelabuhan khusus itu.

"Keberadaan dermaga pelabuhan khusus kapal mewah ini, akan memberi kontribusi besar bagi pendapatan asli daerah Kabupaten Wakatobi," katanya.

(S032)


Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2012