Boyolali (ANTARA) - Enam korban meninggal dunia telah dievakuasi dalam kecelakaan lalu lintas beruntun yang melibatkan delapan kendaraan di Jalan Tol Solo-Semarang, tepatnya 600 meter dekat di rest area Bale Nglaras KM 487 Desa/Kecamatan Teras Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Jumat.

Dari hasil pantauan di lokasi kejadian kecelakaan lalu lintas yang melibatkan delapan kendaraan tersebut terjadi sekitar pukul 04.00 WIB, dan petugas mengevakuasi satu korban meninggal dunia yang terjepit di kendaraan truk boks.

Petugas baik dari pengelola tol, Satuan Lalu Lintas Polres Boyolali, dan BPBD mengevakuasi salah satu korban yang terjepit di kendaraan truk boks warna hijau itu, harus menggunakan alat berat untuk mengambil korban. Korban kemudian berhasil dievakuasi untuk kemudian dibawa ke rumah sakit.

Menurut Kasat Lantas Polres Boyolali AKP Herdi Pratama kecelakaan yang terjadi di area tol Boyolali KM 487+ 600, dimana kecelakaan melibatkan delapan kendaraan sebagian ukuran besar yang terdiri enam unit trailer, satu truk boks dan satu Isuzu Elf.

Herdi mengatakan kejadian sekitar pukul 04.00 WIB, berawal dari truk trailer yang mengangkut besi dari arah Semarang menuju Solo, dimana truk itu, diduga sopir pengantuk, kedua rim blong, dan ketiga kelebihan muatan sehingga saat mengerem tidak berfungsi dengan baik.

Truk tralier mengangkut besi tersebut di lokasi kejadian menabrak mobil Elf di depannya. Setelah itu, menabrak truk-truk di bahu jalan yang sedang parkir sehingga kendaraan banyak yang keluar dari jalan tol.

"Kami catat untuk korban meninggal ada enam orang yang terdiri dari empat penumpang Elf, satu kernet truk boks dan satu sopir truk trailer pengangkut besi. Satu korban luka berat dan enam orang lainnya luka ringan," kata Herdi.

Pihaknya belum bisa memberikan keterangan para korban karena masih diidentifikasi. Kejadian tersebut tidak masih mengganggu arus lalu lintas di Jalan Tol dari arah Semarang ke Solo karena kejadian di bahu jalan.

"Jadi truk trailer bawa besi berjalan dari arah Semarang kemudian menabrak Elf yang berjalan di depannya dan kemudian menabrak satu truk boks dan lima truk trailer yang sedang parkir di bahu jalan," katanya.

Korban meninggal dan luka-luka sudah berhasil dievakuasi semua ke Rumah Sakit Umum Daerah Pandan Arang Boyolali dan RS Indriati Boyolali. Petugas kini masih melakukan evakuasi kendaraan dan segera melakukan olah tempat kejadian perkara. 

Baca juga: Enam orang tewas dalam kecelakaan beruntun di Tol Boyolali
Baca juga: Ruas jalan Sabak-Jambi dipasangi pita kejut karena rawan kecelakaan

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023