Batang (ANTARA) - Palang Merah Indonesia Kabupaten Batang, Jawa Tengah, dalam rangkaian kegiatan donor darah dan sedekah menyediakan 300 paket sembako bagi para pendonor, Jumat (14/4).

Ketua Palang Merah Indonesia Kabupaten Batang Achmad Taufiq di Batang, Jumat, mengatakan bahwa kegiatan itu sekaligus untuk menjaga ketersediaan darah selama memasuki bulan puasa hingga Lebaran Idul Fitri  2023.

"Oleh karena itu, bagi pendonor akan kami bagikan paket sembako. Paket sembako pada pendonor ini untuk menebar kebaikan sebagai bentuk kepedulian," katanya.

Menurut dia, pihaknya akan melayani masyarakat yang akan donor mulai pukul 08.00 WIB hingga 21.00 WIB di kantor PMI setempat.

Namun, kata dia, tidak semua pendonor yang datang ke PMI bisa mendonorkan darah karena nantinya tes persyaratan terlebih dulu apakah yang bersangkutan bisa donor atau tidak.

"Oleh karena itu, kami minta masyarakat tidak perlu khawatir untuk mendapatkan paket sembako karena tidak semua orang dapat mendonorkan darah," katanya.

Achmad Taufiq mengatakan selain menggelar donor darah dan sedekah, pihaknya juga melakukan kegiatan yang sama di sekolah-sekolah maupun gereja.

"Biasanya, kegiatan rutin donor dilakukan pada siang hari namun karena saat ini memasuki bulan puasa dilakukan pada malam hari," katanya.

Seorang pendonor Tatih mengatakan dirinya senang berdonor apalagi mendapat bingkisan paket sembako dari PMI.

"Sebenarnya paling senang bisa membantu sesama apabila ada yang membutuhkan. Semoga ke depan penyelenggaraan ini akan terus ada setiap tahunnya dari PMI Kabupaten Batang sebagai bentuk kepedulian kepada pendonor," katanya.***3***

Pewarta: Kutnadi
Editor: Maswandi
Copyright © ANTARA 2023