Beijing (ANTARA) - Dewan Pemerintahan China mencopot Du Zhaocai dari jabatannya sebagai Wakil Kepala Badan Olahraga atau orang kedua di lembaga setingkat kementerian olahraga tersebut.

Pemecatan tersebut diumumkan oleh Dewan Pemerintahan di Beijing, Kamis (13/4), untuk memudahkan pemeriksaan atas kasus hukum yang menjerat pejabat senior bidang keolahragaan China tersebut.

Komisi Sentral Partai Komunis China (CPC) bersama Komisi Pengawasan Nasional telah menahan Du atas pelanggaran disiplin undang-undang.
Baca juga: Pejabat senior Departemen Olahraga China ditahan

Penahanan Du oleh lembaga antirasuah tersebut berkaitan dengan mantan Wakil Ketua Asosiasi Sepak Bola China (CFA) Wang Dengfeng yang telah ditangkap pada Februari lalu atas dugaan suap.

Lembaga anti-rasuah di bawah partai berkuasa di China itu sedang gencar-gencarnya membongkar kasus korupsi dan suap di tubuh pengurus sepak bola setempat.
Baca juga: Dua lagi pengurus teras asosiasi sepak bola China ditangkap

Pembongkaran kasus korupsi bermula dari penangkapan pelatih tim nasional sepak bola putra China Li Tie pada November 2022.

Du sendiri menjabat Wakil Ketua CFA yang kemudian terpilih sebagai anggota Dewan FIFA sejak 2019.

Namun pada pemilihan Maret lalu, Du gagal mempertahankan posisinya di kursi kepengurusan FIFA sebelum akhirnya mendekam di penjara sejak 1 April.

Baca juga: Mantan pelatih timnas China Li Tie ditahan
Baca juga: Presiden Asosiasi Sepak Bola China ditahan terkait dugaan korupsi

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023