Banda Aceh (ANTARA) - Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) memberikan santunan kepada 1.624 anak yatim piatu di ibu kota provinsi Aceh itu.

“Sedekah pada anak yatim tidak mengurangi rezeki dan hikmah, melainkan dapat memanjangkan rezeki," kata Pj Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddiq, di Banda Aceh, Jumat.

Atas nama Pemerintah Kota Banda Aceh Bakri Siddiq memberikan apresiasi kepada jajaran Disdikbud Banda Aceh yang selalu peduli dan bersedekah kepada anak yatim piatu.

Ia berpesan kepada Disdikbud dan para tenaga pendidik untuk terus peduli dengan pendidikan anak-anak, terutama yatim piatu, baik pendidikan karakter, ilmu pengetahuan dan lainnya.

Baca juga: 2.000 yatim dan ratusan fakir di Aceh Barat terima bantuan Rp1,25 M

Baca juga: Peringatan milad GAM diinstruksikan dengan doa dan santuni anak yatim


“Kepada anak yatim jangan berkecil hati, banyak orang sukses seperti Pak Presiden kita, Jokowi yang juga seorang anak yatim. Banyak di ruangan ini ke depan akan menjadi kadis, dewan, bahkan menjadi wali kota,” ujar Bakri.

Sementara itu, Kepala Disdikbud Banda Aceh Sulaiman Bakri mengatakan pelaksanaan kegiatan santunan anak yatim ini dalam rangka gema syiar Ramadhan 1444 Hijriah.

"Tujuannya untuk saling berbagi bersama dengan harapan memberikan kasih sayang untuk anak-anak kita,” katanya.

Adapun para anak yatim yang diberi santunan tersebut berasal tingkat TK, SD, dan SMP yang ada di Kota Banda Aceh. Dengan rincian siswa TK 116 orang, SD sebanyak 749, dan SMP mencapai 759 orang.

Dirinya menyebutkan, adapun dana yang terkumpul untuk kegiatan itu sebanyak Rp250 juta, bersumber dari seluruh jajaran Disdikbud Banda Aceh, mulai dari guru, ASN, dan wali murid.

Kemudian, santunan hari ini diberikan secara simbolis kepada perwakilan anak yatim sebanyak 118 orang. Selebihnya akan dibagikan di sekolah masing-masing.

"Kami mengucapkan ribuan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu, baik dana, pikiran, dan donasi," demikian Sulaiman.*

Baca juga: Semen Indonesia Group santuni anak yatim di Aceh

Baca juga: Safari Ramadhan, BUMN santuni 1.000 anak yatim Aceh

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023