Selamat datang kepada seluruh delegasi. Saya senang karena delegasi berkunjung ke sini. Saya selalu mengatakan bahwa melihat adalah percaya, sebab dengan melihat langsung akan merasakan suasana dan proses pembangunan terus berjalan
Jakarta (ANTARA) - Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono menyambut kunjungan Delegasi Anggota Kongres Amerika Serikat (AS) di lokasi pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).


“Selamat datang kepada seluruh delegasi. Saya senang karena delegasi berkunjung ke sini. Saya selalu mengatakan bahwa melihat adalah percaya, sebab dengan melihat langsung akan merasakan suasana dan proses pembangunan terus berjalan,” kata Bambang dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.


Kepala OIKN mengajak delegasi untuk melihat langsung pembangunan di kawasan Istana Presiden. Di sana Bambang menjelaskan sejumlah rencana pembangunan di sekitar istana yang salah satunya adalah desain bangunan di IKN.


“Kami mendesain bangunan tidak seperti gedung pencakar langit, tetapi bangunan hijau yang berstandar internasional,” kata Bambang.


Dalam kunjungan tersebut Senator AS Jeff Merkley menyampaikan apresiasi terhadap rencana pembangunan kota hutan di IKN. Merkley mengungkapkan bahwa dirinya berharap bisa segera kembali ke IKN untuk melihat hasil pembangunan Nusantara.


Menurut dia, rencana untuk mempertahankan sekitar dua pertiga kawasan tetap menjadi hutan adalah sebuah peluang besar. “Ini adalah peluang untuk menciptakan sesuatu yang akan diperhatikan oleh seluruh dunia,” kata Merkley.


Dalam kunjungan tersebut hadir pula Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong dan Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam OIKN Myrna Asnawati Safitri.

Baca juga: OIKN: Delegasi anggota kongres AS apresiasi pembangunan kota hutan IKN

Baca juga: OIKN: Minat investor sangat tinggi untuk terlibat pembangunan IKN

Baca juga: OIKN targetkan pembangunan IKN tahap pertama selesai tahun 2024

Pewarta: Asri Mayang Sari
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023