Jakarta (ANTARA) - Rektor Universitas Negeri Jakarta Prof Komarudin menyebut untuk menjadi perguruan tinggi terbaik tidak cukup dengan predikat unggul saja.
 

“Akan tetapi harus diikuti dengan pencapaian pemeringkatan di dunia atau world class university,” ujar Komarudin di Jakarta, Sabtu.
 

Ia menambahkan untuk mewujudkan hal tersebut perlu komitmen, sinergitas, dan strategi yang tepat. Sejumlah upaya yang perlu dilakukan adalah penguatan tata kelola dan kinerja universitas, penguatan SDM dan kepakaran, penguatan kompetensi inti dan kualitas pendidikan, output riset dan pengabdian kepada masyarakat yang berdampak bagi masyarakat, dunia usaha dan dunia industri, dan negara.
 

Kemudian, lanjut dia, perlu dilakukan penguatan infrastruktur dan sistem teknologi informasi, penguatan peran alumni dan jejaring kerja sama, baik nasional maupun internasional, dan penguatan publikasi, pengutipan, dan sumber informasi pada website universitas.

Baca juga: UNJ raih rekor dunia atas penyelenggaraan ICPESS

Baca juga: Wisuda virtual, UNJ targetkan berperan untuk Indonesia hingga dunia

 

“Untuk itu melalui komitmen, kolaborasi, dan keikhlasan para sivitas akademika UNJ dalam membangun UNJ lebih baik lagi sangat diperlukan, khususnya mencapai visi – misi UNJ menjadi universitas kelas dunia,” imbuh dia.
 

Menurut dia, pintu pembuka kemandirian universitas adalah otonomi perguruan tinggi. Salah satunya melalui status PTN Berbadan Hukum (BH) yang saat ini UNJ sedang dalam proses penilaian di Kemendikbudristek. Selain itu, perlu ada perubahan pola pikir dan mental. 

Baca juga: UNJ targetkan jadi perguruan tinggi bereputasi dunia

Baca juga: UNJ sebut Sekolah Kebangsaan dan Peradaban bangun moralitas mahasiswa


​​​​​​​

Pewarta: Indriani
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023