warga lansia akan dibantu mendaftar melalui aplikasi daring M-paspor maupun secara manual
Jakarta (ANTARA) - Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non TPI Jakarta Selatan memprioritaskan warga lanjut usia dalam pelayanan paspor calon jamaah haji pada akhir pekan sebagai bentuk peningkatan pelayanan masyarakat.

"Pelayanan paspor haji ini terkait permintaan Kementerian Agama Jakarta Selatan untuk membantu jamaah haji tahun 2023 yang telah berusia lanjut," kata Kepala Bidang Pelayanan dan Verifikasi Dokumen Perjalan Imigrasi Jakarta Selatan, Ari Febrianto saat ditemui, di Jakarta, Sabtu.

Ari menerangkan  warga lansia akan dibantu mendaftar melalui aplikasi daring M-paspor maupun secara manual.

Nantinya para lansia akan dibimbing petugas mulai dari melengkapi berkas hingga mengisi tahapan sehingga mereka bisa merasa nyaman dan terlayani cepat dalam pembuatan paspor haji.

Selain itu, kemudahan dalam pelayanan ini yakni dilaksanakan pada akhir pekan agar suasana tetap kondusif bagi para lansia agar tidak berdesakan dengan pemohon lainnya di hari kerja.

"Sebelumnya Direktorat Jenderal Imigrasi dan Kementerian Agama juga sudah tidak mengharuskan pemohon melampirkan Surat Rekomendasi dari Kementerian Agama sebagai dokumen persyaratan," tambahnya.

Terlebih, pelayanan ini juga bersamaan dengan pelaksanaan layanan paspor sehari jadi (sameday) pada akhir pekan.

Namun khusus  layanan satu hari jadi akhir pekan ini hanya dilaksanakan di unit utama Kantor Imigrasi Jakarta Selatan yang berlokasi di Jalan Hj. Tutty Alawiyah No. 207.

Menurut dia, pembuatan paspor calon jamaah haji waktu dan persyaratan tak jauh beda dengan pembuatan paspor biasa yakni bisa memakan waktu tiga sampai empat hari sesuai pembayaran.

"Pemohon yang datang jumlahnya 130 orang mulai dari belum punya paspor ataupun yang masa berlaku paspornya sudah habis," tambahnya.

Dengan demikian layanan pembuatan paspor calon jamaah haji ini merupakan salah satu wujud sinergi antara Kantor Imigrasi Jakarta Selatan dan Kantor Kementerian Agama Jakarta Selatan dalam menghadirkan layanan prima bagi masyarakat.

“Semoga dengan kemudahan layanan yang kami berikan para calon jamaah agar tidak perlu khawatir mengenai pengurusan paspornya dan fokus mempersiapkan diri dalam menjalani ibadahnya nanti,” katanya.
Baca juga: Felucia Sengky Ratna, Srikandi Imigrasi Jakarta Selatan
Baca juga: Kantor Imigrasi Jakarta Selatan gelar layanan paspor pada HBKB
Baca juga: Imigrasi Jakarta Selatan tangkap 17 orang asing

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023