Jakarta (Antara) – Mentari Group melalui Pelajar Berkreasi menghadirkan Lokakarya Lagu Anak Indonesia Hebat (LAIH) yang mengajak seluruh elemen masyarakat untuk hadirkan kembali eksistensi lagu anak nasional dengan mengadakan lomba menciptakan lagu anak-anak.

“Makanya kita mengadakan lokakarya ini agar adik-adik paham bagaimana sih bikin lagu atau lirik yang sederhana dengan satu instrument saja” Kata Natalina Rimba, Direktur Pelajar Berkreasi Mentari Groups pada webinar lokakarya LAIH bertajuk ‘Aku Bangga Menjadi Anak Indonesia’ , Sabtu.

Natalina menuturkan alasan terciptanya LAIH dikarenakan saat ini sudah jarang sekali mendengar anak-anak menyanyikan lagu anak yang asik dan sesuai dengan usia mereka. Untuk itu, melalui program ini Mentari Group berharap bisa menumbuhkan rasa cinta terhadap lagu anak-anak yang imajinatif dan mendidik.

Natalina menyebutkan LAIH merupakan wadah untuk anak Indonesia berkreasi. Lomba ini bertujuan untuk meningkatkan bakat, mengasah kreatifitas anak-anak, dan juga menciptakan suatu karya seni yang unik di bidang literasi kreasi kreatif melalu penulisan lagu dan bernyanyi.

“Lomba ini bertujuan juga untuk meningkatkan rasa cinta anak-anak terhadap lagu anak-anak sendiri, yang merupakan target kami di anak-anak di usia 6-13 tahun dengan penggunaan bahasa Indonesia,” pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama pencipta lagu dan arranger music, Wahyudi Minarko menjelaskan alasan harus membuat lagu anak karena mudah dan menyenangkan, merasa keren karena nantinya akan dinyanyikan banyak orang, dan dengan lagu anak adik-adik diharapkan mampu mengekspresikan sesuatu dengan lagu.

“Kemudian apakah sulit (membuat lagu anak)? Tidak. Lagu anak itu tidak ada yang sulit. Sangat mudah, menyenangkan, dan tidak ada yang dikatakan salah (lirik dan melodinya). Namun semuanya (menciptakan lagu) harus dengan belajar.” Ujar Wahyudi.

Diakhir sesi lokakarya, para narasumber menciptakan lagu bertema buah duku secara serempak dengan kata-kata dan melodi yang terkumpul dari para peserta. Selain itu, bagi orang tua yang ingin mendaftarkan anaknya ke lomba LAIH dapat melalui tautan hadiryuk.id/LAIH2023 atau kunjungi instagram mentarigroups.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023