untuk menumbuhkan kreativitas serta penguatan karakter pada anak
Tangerang (ANTARA) - Dinas Pendidikan Kota Tangerang meluncurkan inovasi berupa Lagu di Hari Rabu Anak Paud (Gurayud) sebagai media mengajarkan anak-anak lewat musik dan bernyanyi untuk menjalankan pola hidup sehat.

"Lagi ini berjudul makan sehat, aku kuat yang dibuat oleh Ikatan Penilik Indonesia (IPI) Kota Tangerang," kata Kepala Dinas Pendidikan Jamaluddin usai acara Gebyar PAUD dan peluncuran Gurayud di Tangcity Mall Senin.

Ia menambahkan Gebyar PAUD digelar untuk menumbuhkan semangat bagi anak-anak berkreativitas. Kegiatan ini diisi dengan berbagai lomba seperti menyanyi, senam sehat, hafalan surat pendek yang diikuti sebanyak 500 anak dari PAUD/TK se-Kota Tangerang.

“Kegiatan ini untuk memeriahkan HUT ke-31 Kota Tangerang yang diinisiasi oleh IPI Kota Tangerang untuk menumbuhkan kreativitas serta penguatan karakter pada anak. Sehingga anak mampu berinovasi dan menjadi generasi yang unggul,” katanya.

Baca juga: Musik dan lagu jembatan komunikasi efektif bagi anak-anak
Baca juga: Kak Seto: Agar anak sadar pentingnya jaga kesehatan bisa lewat lagu 


Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang Nurdin menambahkan dalam upaya mewujudkan visi Kota Tangerang yang sejahtera, berakhlakul karimah dan berdaya saing, tentunya diperlukan sistem pendidikan yang komprehensif sedini mungkin

"Bimbingan dan pembelajaran yang dimulai dari usia dini, tentunya akan turut menentukan pembentukan karakter bagi anak-anak untuk dikembangkan lagi di jenjang pendidikan berikutnya. Karenanya PAUD ini sangatlah penting dan diperlukan inovasi-inovasi agar pembelajaran dapat lebih optimal," katanya.

Ia juga mengapresiasi inovasi Gurayud yang dinilai dapat memberikan suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi anak-anak terutama yang berusia dini sehingga upaya pembentukan karakter dapat lebih optimal.

"Dengan suasana yang kondusif tentunya materi-materi akan lebih mudah ditangkap sehingga akan berdampak positif bagi anak-anak kita," katanya.

Baca juga: Kemendikbudristek pentaskan Kita Cinta Lagu Anak peringati Hari Ibu
Baca juga: Mengembalikan Fungsi Lagu Anak Serta Meningkatkan Kemampuan Literasi sejak Dini Melalui Lomba
Baca juga: Chikita Meidy sebut lagu anak kurang "wadah"

 

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024