Simpang Empat,- (ANTARA) -
Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, bersama relawan menyalurkan bantuan kepada 200 anak yatim sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama
 
"Kegiatan ini sebagai wujud kepedulian relawan PMI Pasaman Barat terhadap sesama. Bantuan untuk anak yatim itu berupa takjil dan makanan untuk berbuka puasa serta sarung dan sembako," kata Ketua PMI Pasaman Barat Risnawanto di Simpang Empat, Sabtu
 
Ia mengatakan bantuan ini berangkat dari ide kepedulian relawan PMI terhadap anak yatim di sekitar kediaman masing-masing.

Baca juga: PMI Batang sediakan 300 paket sembako untuk pendonor
 
Selanjutnya relawan melakukan pendataan dan berlanjut dengan melakukan penggalangan donasi dari masyarakat dan donatur, sehingga terkumpul bantuan untuk 200 anak yatim yang tersebar di Kecamatan Pasaman dan Kecamatan Luhak Nan Duo
 
"Bantuan tersebut kami antar langsung ke rumah masing-masing anak yatim. Dalam kegiatan ini PMI Kabupaten Pasaman Barat menurunkan relawan PMI sebanyak 38 orang mulai dari pendataan hingga pendistribusian," katanya.

Baca juga: PMI siapkan ratusan posko dukung kelancaran arus mudik-balik Lebaran
 
Menurut dia, kegiatan itu merupakan upaya penumbuhan jiwa kepedulian di dalam diri para relawan terhadap kemanusiaan di sekitar mereka yang merupakan salah satu tugas pokok PMI dalam upaya pembinaan relawan.
 
Menyambut Lebaran 2023, pihaknya juga menurunkan personel di posko pelayanan dan posko pengamanan untuk kelancaran mudik dan libur Lebaran 2023.
 
"Kami akan bergabung bersama personel lainnya serta memberikan pelayanan di posko PMI nantinya," kata dia.

Baca juga: PMI Banda Aceh gencarkan safari donor darah di masjid selama Ramadhan
 
Ia mengimbau pemudik tetap meningkatkan kehati-hatian dalam melakukan perjalanan. "Jangan paksakan mengendarai kendaraan jika kondisi badan kurang siap," katanya.
 

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023