Banda Aceh (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banda Aceh mengadakan safari donor darah ke 29 masjid yang ada di ibu kota Provinsi Aceh sebagai salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan darah selama bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah ini.

"Safari ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan darah masyarakat Aceh selama Ramadhan yang cenderung menurun jumlah pendonornya," kata Ketua PMI Kota Banda Aceh Ahmad Haeqal Asri, di Banda Aceh, Minggu.

Kegiatan safari ke masjid-masjid tersebut dilakukan sejak 24 Maret hingga akhir puasa nantinya, dan hingga malam 17 Ramadhan mereka telah berhasil mengumpulkan sebanyak 1.183 kantong darah dari gerai yang dibuka seusai salat tarawih.

"Sebanyak 443 kantong darah dapat dari kantor dan sebanyak 740 kantong di masjid-masjid donor," ujarnya.

Sebelumnya, PMI Kota Banda Aceh menjemput darah dari aparatur sipil negara (ASN) ke kantor-kantor pemerintahan. Namun, saat bulan puasa rutinitas di kantor pemerintah tidak ramai sehingga mereka berinisiatif mencari para pendonor sukarela di masjid dan juga kafe selama Ramadhan.

"Kita geser yang bisanya ke kantor menjadi ke masjid-masjid dan satu kafe di Banda Aceh yang biasanya ramai," katanya.

Haeqal juga menyampaikan bahwa PMI Banda Aceh terus menerus melakukan berbagai upaya untuk memenuhi kebutuhan darah yang sampai saat ini tidak semuanya mampu terpenuhi.

Seperti hal nya kebutuhan darah untuk Rumah Sakit Umum Daerah Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh sebanyak 4.500 kantong setiap bulannya, namun hanya mampu dipenuhi oleh PMI Kota Banda Aceh sekitar 40-90 persen saja.

Baca juga: PMI gandeng Majelis Ta'lim gelar donor darah di Ramadhan

"Saat ini kita bisa penuhi sampai 100 persen kebutuhan darah untuk rumah sakit yang jumlah kebutuhan darahnya tidak begitu banyak seperti Rumah Sakit Harapan Bunda dan RSUD di kabupaten lainnya yang sudah bekerja sama dengan PMI," ujarnya.

Menurut Haeqal, agar kebutuhan darah ini mampu terpenuhi, maka perlu upaya yang membangkitkan kesadaran masyarakat untuk hidup sehat.

Dirinya bersyukur kesadaran itu sudah tumbuh di kalangan masyarakat Banda Aceh yang ditandai dengan semakin bertambahnya jumlah pendonor sukarela.

"Terdapat sekitar 8.000 sampai 10.000 pendonor sukarela yang rutin mendonorkan darahnya setiap dua bulan sekali yang umumnya berasal dari Banda Aceh," katanya.

Dirinya juga menambahkan, sebagai upaya menjaga ketersediaan stok darah, PMI Banda Aceh kembali mengingatkan pendonor sukarela yang telah mencapai masa donor setelah dua bulan.

"Kita akan informasikan kalau sudah sampai masanya bisa donor," demikian Ahmad Haeqal Asri.

Baca juga: PMI Jember dapat 1.359 kantong darah hingga pertengahan Ramadhan

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023