Mudik gratis dengan kapal perang dari Jakarta menuju Semarang dan Surabaya
Jakarta (ANTARA) - Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) TNI Angkatan Laut menyiapkan kapal perang KRI Banjarmasin 592 untuk mengangkut pemudik.

"Mudik gratis dengan kapal perang dari Jakarta menuju Semarang dan Surabaya," kata Panglima Kolinlamil Laksamana Muda TNI Yayan Sofiyan di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Sabtu.

Dia mengatakan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) memerintahkan kepada dirinya menyiapkan kapal perang untuk mendukung mudik gratis, bagi TNI, Polri dan masyarakat umum.

"Silahkan mendaftar di posko yang ada di Kolinlamil, pemberangkatan Selasa (18/4) pagi," katanya.

Untuk pendaftaran pemudik dapat mendatangi Markas Komando Kolinlamil Jalan Raya Pelabuhan Pos 9, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Selain itu, bisa juga dilakukan dengan menghubungi nomor telepon 089522442995 dan 081236796955.

Kemudian, ada syarat tambahan untuk pemudik yakni menyerahkan fotocopi KTP pemudik. Menyerahkan fotocopi STNK dan BPKB sepeda motor, serta menandatangani surat bersedia mematuhi peraturan dinas dalam KRI.

"Di dalam kapal perang ada aturan dinas tersendiri, yang berbeda sensasinya dengan kapal penumpang lainnya," ungkapnya.

Selain melayani arus mudik kata dia, KRI Banjarmasin juga melayani arus balik dari Surabaya, menuju Semarang dan berakhir di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

"Kapasitas KRI Banjarmasin dapat mengangkut 900 pemudik," ungkapnya.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berharap masyarakat yang belum mendapatkan akses mudik gratis dari Kemenhub, dapat memanfaatkan fasilitas dari Kolinlamil TNI AL.

Baca juga: Pemudik mulai memadati Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta
Baca juga: Kolinlamil TNI AL siaga angkut pemudik

 

Pewarta: Fauzi
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023