Bandung (ANTARA) - Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung bersama kepolisian dan Dinas Kesehatan menyasar seluruh perusahaan otobus (PO) yang berdomisili di Kabupaten Bandung untuk diuji kelaikan armadanya guna kepentingan Lebaran 2023.

"Seluruh PO di Kabupaten Bandung dilakukan uji kelaikan (ramp check) pada pertengahan April 2023 ini, harapannya semoga seluruh armada dan awak angkutan yang akan menghantarkan penumpang untuk mudik ataupun berwisata laik jalan," kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung Iman Irianto di Kabupaten Bandung, Sabtu.

Yang teranyar, ramp check dilaksanakan di PO Bus pariwisata yang ada di wilayah Cimaung, Kabupaten Bandung, di mana kata Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo ada sebanyak 12 armada yang dicek untuk memastikan kelaikan jalan.

"Dalam Ramp Check kita melaksanakan pemeriksaan administrasi surat-surat, kemudian kelaikan dari kendaraan, baik itu rem, mesin, weaper dan sebagainya dan ketiga alat pendukung seperti pemecah kaca," ucapnya.

Kusworo melanjutkan bahwa selain memeriksa kendaraan bus, dilakukan juga pemeriksaan urin kepada para pengemudi.

"Jangan sampai kendaraannya sudah laik operasi namun pengemudinya di bawah pengaruh narkoba yang itu bisa membahayakan penumpang," ujarnya.

Dari hasil pemeriksaan, Kusworo mengatakan bahwa kondisi mobil dalam keadaan baik, hanya ada beberapa bus yang penyapu air (weaper)-nya agak kering.

"Kami telah mengimbau untuk segera mengganti terlebih dahulu, karena dikhawatirkan saat ini musim penghujan, jangan sampai pada saat hujan weapernya tidak maksimal membersihkan kaca dan itu mengganggu jarak pandang pengemudi dan  membahayakan penumpang," tuturnya.

Kusworo juga mengimbau kepada para sopir maupun pemilik bis untuk selalu mempersiapkan diri, khususnya dalam segi stamina dan kesehatan sebelum melaksanakan tugasnya.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023