Magetan (ANTARA) - Tim gabungan dari Dinas Perhubungan (Dishub) Magetan, UPT P3 LLAJ Dishub Madiun, dan Sat Lantas Polres Magetan melakukan pemeriksaan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan ("Rampchek") pada armada bus angkutan orang dalam trayek di Terminal Maospati Magetan, Jawa Timur.

Penguji penyelia Dishub Magetan Husni Faisal Fahmi mengatakan, inspeksi keselamatan angkutan digelar menjelang arus mudik Lebaran 2023, sasaran mulai dari kelengkapan surat-surat hingga kelayakan kendaraan.

"Dalam uji kelayakan kendaraan ini, satu-per satu kendaraan bus di terminal dicek secara menyeluruh. Hal itu bertujuan untuk memastikan setiap armada yang beroperasi dalam keadaan laik jalan saat pelaksanaan angkutan Lebaran 2023. Sehingga memberikan kenyamanan, keselamatan, dan keamanan setiap penumpang," ujar Husni di Magetan, Sabtu.

Adapun pemeriksaan dilakukan mulai dari kondisi ban, lampu penerangan dan sein, pembersih kaca, kondisi rem, kelengkapan alat pendukung, alat pemadam api, alat pemecah kaca hingga kelengkapan darurat lainnya.

Tak hanya fisik, surat kelengkapan kendaraan juga diperiksa. Mulai dari izin trayek, buku uji KIR, STNK, hingga kelengkapan SIM pengemudi.

Ia mengungkapkan dari hasil pemeriksaan, petugas mendapati kondisi beberapa ban bus yang sudah halus, lampu sein mati, dan wiper bus yang tidak berfungsi. Untuk administrasi kendaraan, terdapat pelanggaran seperti keterangan lulus uji yang tidak tertempel, tidak ada sertifikat uji, bahkan ada bus yang telat pajak.

"Atas temuan ini, dari Polres Magetan telah dilakukan penegakan hukum. Yang masih bisa diperbaiki seperti lampu dan wiper, kita suruh langsung pasang jika ada," kata Husni.

Sementara untuk para sopir bus juga dilakukan pemeriksaan kesehatan. Adapun cek kesehatan dilakukan oleh Jasa Raharja. Dari 20 orang yang dicek ditemukan satu sopir mengalami gula darah tinggi. Sedangkan untuk cek urin dari Dinkes Magetan hasilnya nihil positif narkoba dan alkohol.

Husni menambahkan sesuai rencana, pemeriksaan LLAJ atau ramp check tersebut akan dilakukan Dishub secara tentatif atau jika diperlukan. Yakni mulai jelang lebaran hingga nanti saat arus balik lebaran.

Untuk itu, pihaknya mengimbau pengemudi dan awak bus lebih meningkatkan kewaspadaan dan mematuhi peraturan lalu lintas saat berkendara sehingga angkutan mudik dan balik Lebaran 2023 berjalan aman dan lancar.
 

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023