Padang (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang menyatakan kota berpenduduk sekitar 900 ribu jiwa itu siap menyambut dua juta pemudik saat libur Idul Fitri 1444 Hijriah yang berasal dari perantau dari seluruh nusantara dan negara tetangga.

“Kita meminta seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk bekerja 'all out' selama libur lebaran 1444 Hijriah ini,” kata Wali Kota Padang, Sumatera Barat Hendri Septa  di Padang, Minggu.

Ia memprediksi lebih kurang 2 juta perantau atau pemudik diperkirakan akan pulang kampung ke Ranah Minang termasuk Kota Padang pada libur lebaran nanti.
Menurut dia prediksi tersebut naik signifikan dibanding tahun lalu yang hanya sekitar 1,2 juta jiwa.

Ia mengatakan sebagai kota tujuan wisata dan Ibukota Provinsi Sumatera Barat, Kota Padang harus siap menampung dan menyambut baik kehadiran perantau plus wisatawan itu nantinya.

Ia mengajak seluruh ASN bekerja dengan penuh semangat dan keikhlasan demi menjaga Kota Padang kondusif selama libur lebaran yang tinggal beberapa hari lagi.

Menurut dia untuk memeriahkan momen libur lebaran di Kota Padang, Pemkot Padang bekerjasama dengan berbagai pihak akan menggelar "Festival Muaro Padang" yang bertujuan untuk menggairahkan ekonomi dan meningkatkan kunjungan wisatawan.

Ia mengatakan Festival Muaro Padang berlangsung selama 24-27 April yang akan menyajikan sejumlah kegiatan menarik. Mulai dari Festival Selaju Sampan, Festival Bakcang Ayam dan Lamang Baluo, Padang Fashion Carnaval, Festival Marandang serta Festival Jemur Bonsai, Perahu Hias dan Pekan Ekonomi Kreatif."

"Berbagai kegiatan yang dipusatkan di sekitaran Muara Padang ini dilakukan untuk menggerakkan ekonomi masyarakat sekaligus mempersembahkan hiburan bagi perantau yang pulang kampung," kata dia.

Ia juga meminta semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) penanggungjawab masing-masing acara agar terus memfokuskan persiapan agar Festival Muaro Padang ini sukses digelar.

Termasuk petugas terkait petugas berjaga di Pos Pengamanan (Pospam) dan Pos Pelayanan (Posyan) di titik-titik strategis di Kota Padang.

"Kami mengajak seluruh warga Kota Padang mari kita sambut lebaran tahun ini dengan penuh rasa syukur dan suka cita. Mari kita sambut kedatangan para tamu kita dengan baik dan berikan kebahagiaan tersendiri bagi mereka selama berada di kota yang kita cintai ini," kata dia.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Maswandi
Copyright © ANTARA 2023