Posko mudik ini untuk memberikan rasa keamanan
Jakarta (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) turut membantu kelancaran arus mudik lebaran 1444 Hijriah/2023 Masehi di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, dengan menyiagakan perawat, relawan, dan mobil ambulans.

"Kalau untuk personel posko mudik lebaran 2023 PMI, khususnya Jaktim itu di Kampung Rambutan. Personel kita terdiri dari satu orang perawat, satu orang relawan, dan driver," ujar Staff Penanggulangan Bencana PMI Jakarta Timur Asep Kusna Suhartono di Terminal Kampung Rambutan, Minggu.

Asep mengatakan kegiatan ini merupakan aktivitas rutin tahunan yang dilakukan PMI dalam membantu kelancaran arus mudik lebaran. Menurutnya, PMI fokus dalam penanganan pertolongan pertama. Tapi apabila ada pemudik yang kondisi kesehatannya darurat, akan langsung dibawa ke fasilitas kesehatan terdekat.

Selain memberikan pertolongan pertama, relawan PMI juga melaksanakan pemeriksaan kesehatan bagi para pemudik maupun sopir bus, mulai dari pengecekan tekanan darah, kolesterol, asam urat, hingga gula darah.

"Karena kalau untuk hal yang lain, seperti pengecekan urine, porsinya dari Kementerian Perhubungan atau Kesehatan. Kalau kita kebanyakan menangani penumpang yang merasakan maag, asam lambung, kolesterol, darah tinggi," katanya.

Baca juga: PMI siapkan ratusan posko dukung kelancaran arus mudik-balik Lebaran
Baca juga: PMI Kota Tangerang siagakan empat unit motor respon di jalur mudik

Sementara itu, Wakil Bendahara PMI Jacobus Dwihartanto mengatakan PMI menyiapkan ratusan posko terpadu guna mendukung kelancaran arus mudik dan arus balik Lebaran 2023.

"Posko mudik ini untuk memberikan rasa keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat saat arus mudik maupun arus balik," katanya.

Menurut dia, sebanyak 150-200 posko mudik PMI disiapkan di sejumlah titik, khususnya pada jalur-jalur mudik yang selama ini menjadi perlintasan pemudik mulai dari Jakarta hingga Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Selain itu, sebagian besar posko mudik juga dilengkapi dengan sarana prasarana penunjang seperti mobil ambulans, perlengkapan medis hingga tenaga kesehatan.

Baca juga: Penuhi stok darah jelang Lebaran, PMI Jember sasar objek wisata

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023