Tangerang (ANTARA) - PT Angkasa Pura II (Persero) menyiagakan 6.500 orang pegawai yang bertugas selama 24 jam di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) selama masa arus mudik Lebaran 1444 Hijriah/2023 Masehi.

Executive General Manager KCU PT Angkasa Pura II, Dwi Ananda Wicaksana di Tangerang, Minggu, mengatakan bahwa ribuan petugas yang disiagakan ini akan disebar diseluruh terminal penerbangan.

Baca juga: Bandara Soetta berangkatkan 130.320 penumpang pada H-6 Lebaran

"Selama 24 jam manpower organik sebanyak 6.500 orang bekerja bergantian. Ditambah dukungan tenaga yang bersifat outsourching dan para mitra kerja," katanya.

Ia menyebutkan selama arus mudik berlangsung, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan otoritas lainnya untuk memastikan tidak terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain itu, untuk persiapan peralatan dimulai dari runway. Pada arus mudik Lebaran 2023, terdapat tiga runway diaktifkan Bandara Soekarno Hatta.

"Runway tiga sudah dapat dioperasikan 24 jam untuk landasan. Awalnya, runway di sisi utara itu biasanya hanya melayani kedatangan pesawat di pagi hingga sore hari," ujarnya.

Baca juga: Jumlah penumpang di Bandara Soetta pada H-7 Lebaran naik 45 persen

Baca juga: Bandara Soetta buka Terminal 1B guna antisipasi lonjakan penumpang


Ia menambahkan pertimbangan utama runway tiga beroperasi seharian ini agar mengurai antrean pesawat ketika salah satu runway ditutup.

"Kebijakan ini merupakan salah satu upaya PT AP II mengantisipasi penumpukan penumpang saat arus mudik dan balik Lebaran 2023 di Bandara Soetta," kata dia.

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023