“Kuota tidak terisi nantinya ditambahkan untuk diisi lewat jalur SNBT bertambah 77 orang dan ditambahkan prodi-prodi yang mahasiswanya tidak mendaftar ulang di SNBP,”
Makassar (ANTARA) - Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas mencatat 20.687 orang mendaftarkan diri mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) di kampus terbesar di Makassar itu.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof drg Muhammad Ruslin MKes PhD di Makassar, Minggu mengatakan 20.687 orang ini akan memperebutkan 5.562 kuota atau sekitar 53,77 persen dari total mahasiswa baru yang akan diterima.

“Kalau dirata-ratakan tingkat keketatan penerimaan sekitar 1:4,” ujar Prof Ruslin.

Ia menjelaskan, terkait persiapan UTBK-SNBT akan dilakukan dua tahap. Tahap I akan berlangsung pada 18-14 Mei 2023 yang berlangsung dari Senin hingga Minggu, dimana setiap harinya berlangsung 2 Sesi.

“Tahap II akan berlangsung 22-28 Mei 2023 hanya dari Senin – Rabu yang 2 sesi, sedangkan pada Kamis hanya 1 Sesi dan berlangsung di 17 ruangan,” jelas Prof Ruslin.

Pada kesempatan tersebut, Prof Ruslin juga mengatakan jumlah mahasiswa yang masuk lewat jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) ada sekitar 94 orang yang tidak melakukan pendaftaran ulang, 77 orang dari jalur S1 dan 17 orang dari jalur vokasi (D4).

“Kuota yang tidak terisi ini nantinya akan ditambahkan untuk diisi lewat jalur SNBT. Jadi jalur SNBT ini bertambah 77 orang. Ini ditambahkan kepada prodi-prodi yang mahasiswanya tidak mendaftar ulang di SNBP,” kata mantan Dekan FKG ini.

Ia juga menyayangkan kepada calon mahasiswa yang dinyatakan lolos SNBP namun tidak melakukan pendaftaran ulang karena akan dikenakan sanksi tidak bisa mendaftar lagi masuk perguruan tinggi selama 3 tahun berturut-turut melalui jalur SNBP dan SNBT.

“Jika mereka ini mau mendaftar untuk ikut seleksi lagi akan ditolak oleh sistem yang berlaku secara nasional selama 3 tahun berturut-turut. Peluang mereka ini sisa melalui Jalur Mandiri yang sistemnya tergantung masing-masing perguruan tinggi,” ungkap Prof Ruslin.
Baca juga: Unhas Makassar tuan rumah pertemuan Komwasjak dengan masyarakat Sulsel
Baca juga: Unhas gandeng Kemenkomarves buka Prodi Metalurgi dan Material
Baca juga: Kemenkes tunjuk Unhas Rekrut PPPK jabatan fungsional kesehatan

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023