Kami semua sudah mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan fasilitas pariwisata di Garut Selatan
Garut (ANTARA) - Bupati Garut Rudy Gunawan menyatakan seluruh objek wisata pantai yang membentang di sepanjang jalur selatan Kabupaten Garut, Jawa Barat sudah siap dikunjungi wisatawan untuk mengisi hari libur Lebaran, namun tetap harus berhati-hati karena cuaca masih cukup ekstrem yakni seringkali turun hujan dan gelombang laut tinggi.

"Kami semua sudah mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan fasilitas pariwisata di Garut Selatan," kata Rudy Gunawan saat meninjau objek wisata pantai di Kabupaten Garut, Minggu.

Ia menuturkan Kabupaten Garut memiliki banyak objek wisata yang menarik untuk dikunjungi wisatawan lokal maupun luar kota saat musim libur Hari Raya Lebaran, di antaranya wisata pantai di selatan Garut yang membentang sepanjang 80 km.

Wisata pantai di Garut, kata dia, dinyatakan sudah siap dikunjungi wisatawan seperti Pantai Sayang Heulang, Pantai Santolo, Pantai Rancabuaya, Pantai Cijeruk, dan sejumlah pantai lainnya yang terdapat di sepanjang pantai di Garut.

"Semuanya kita persiapkan baik yang dikelola oleh UPTD Pariwisata Kabupaten Garut maupun yang dilakukan oleh desa, kita siapkan," kata Rudy.

Ia menyampaikan peninjauan objek wisata pantai di Garut dilakukan pada 15 dan 16 April 2023 bersama camat, kepala desa, dan jajaran dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Garut.

Meski tempat wisata sudah dinyatakan siap, Bupati tetap mengimbau pengunjung untuk selalu berhati-hati karena saat ini cuaca seringkali turun hujan, angin kencang, dan juga gelombang laut yang tinggi.

"Saya mohon kepada semua bapak ibu yang akan berwisata di laut, berhati-hati, karena sekarang ada cuaca ekstrem, panas tiba-tiba hujan, ada angin, dan ada gelombang yang tinggi, supaya berhati-hati," katanya.

Ia menambahkan upaya memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengunjung tempat wisata yakni pemerintah daerah berkoordinasi dengan unsur aparat keamanan dari Polri dan TNI.

Ia berharap masyarakat yang berwisata mengisi momentum libur Lebaran di Garut bisa bergembira, yang tentunya merasa aman dan nyaman selama berwisata.

"Kami sudah mempersiapkan, Pak Kapolres, Pak Dandim, dan Pak Sekda, melakukan upaya-upaya komprehensif mengamankan daerah pariwisata di seluruh Kabupaten Garut, dan di antaranya adalah di pantai selatan ini," katanya.

Baca juga: Disparbud Garut promosikan objek wisata Sindangkasih secara digital
Baca juga: Wabup Garut harap pacuan kuda jadi wisata baru dongkrak ekonomi
Baca juga: Disparbud Garut sebut Festival Liwet upaya promosikan wisata kuliner

 

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023