Jakarta (ANTARA News) - Asosiasi sepakbola Italia (FIGC) telah memberikan sanksi kepada Napoli karena terlibat scommessopoli atau judi pengaturan skor, yang terjadi tahun 2010 lalu.

Akibatnya tim berjuluk Il Partenopei itu harus mengalami pengurangan dua poin, dan turun ke posisi lima klasemen sementara Serie A. Seperti yang dilaporkan laman Football Italia, Napoli juga dikenai denda 70ribu euro.

"Dua pemain mereka, Paolo Cannavaro dan Gianluca Grava juga harus dihukum tidak boleh bermain selama enam bulan, karena tidak melaporkan skandal tersebut," seperti ditulis laman Goal.

"Skandal tersebut terjadi pada laga Serie A ketika mereka menghadapi Sampdoria, 16 Mei 2010, Sampdoria menang 1-0 dan berhasil memastikan tempat di babak playoff Liga Champions musim itu," jelas laman itu.

Sementara itu mantan penjaga gawang Napoli, Matteo Gianello telah terkena hukuman lebih dulu tidak boleh bermain selama tiga tahun tiga bulan.

Klub Liga Utama Italia lainnya seperti Atalanta, Sampdoria, Torino, dan Siena juga sudah dikurangi poinnya karena skandal Scommessopoli tersebut.

(lod)

Penerjemah: M Baghendra Lodra
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2012