Jakarta (ANTARA) -
Sejumlah berita humaniora pada Minggu (16/4/2023) yang mendapat banyak perhatian pembaca dan masih menarik untuk disimak Senin pagi ini, umumnya soal berbagai kondisi arus mudik di sejumlah daerah.

Berikut sejumlah berita humaniora pada Minggu kemarin.
   
Penumpukan sejumlah penumpang pejalan kaki di Pelabuhan Bakauheni, Lampung mulai terlihat pada H-6 arus mudik Lebaran (Idul Fitri) 2023 pada Ahad (16/4)
 
Berdasarkan pemantauan pada Ahad pagi dilaporkan bahwa terdapat ribuan penumpang pejalan kaki memadati dermaga reguler Pelabuhan Bakauheni.
 
Ribuan pemudik pejalan kaki tersebut di dermaga reguler Pelabuhan Bakauheni menunggu antrean untuk masuk naik ke atas kapal.
   
Posko Mudik Gombel Semarang yang didirikan relawan sosial dan pecinta alam lintas komunitas di Kota Semarang menyediakan 12 tenda kemah bagi pemudik yang ingin beristirahat maupun bermalam.
 
Berbagai fasilitas yang disiapkan juga tergolong lengkap, berikut pemandangan landskap Kota Semarang yang dilihat dari ketinggian sebagai bonus yang bisa dinikmati para pemudik yang singgah.
   
PT Angkasa Pura Bandara Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) kembali membuka pelayanan vaksinasi COVID-19 dalam rangka meningkatkan pelayanan arus mudik (Idul Fitri) Lebaran 2023 dan mencegah adanya klaster kasus baru COVID-19.
 
"Bandara Lombok bekerja sama dengan KKP Kelas II Mataram masih menyediakan layanan vaksinasi COVID-19 dosis ketiga atau booster gratis menjelang arus mudik Lebaran 2023," kata General Manager PT Angkasa I Bandara Lombok, Rahmat Adil Indrawan di Praya, Ahad.
   
Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, memberangkatkan tiga bus untuk menjemput warga setempat yang bekerja di Jakarta secara gratis pada program mudik Lebaran (Idul Fitri) 1444 Hijriah/ 2023, Ahad (17/4).
 
Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Batang Dwi Riyanto di Batang, Ahad mengatakan bahwa pemkab melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) telah mengalokasikan dana sebesar Rp50 juta pada program mudik Lebaran 2023 secara gratis.
   
Belasan anggota Pramuka dari Kwarcab Jakarta Timur turut membantu pelayanan mudik Idul Fitri (Lebaran) 1444 Hijriah/2023 Masehi di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta.
 
"Personel anggota Pramuka berkisar antara 15 personel per hari, gantian," kata Penanggung Jawab Pembinaan dan Pendampingan Kwarcab Jakarta Timur, Akhyar, saat ditemui di Terminal Kampung Rambutan, Ahad.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023