Kita tidak ingin kesepakatan ini hanya menjadi pajangan," tegasnya dengan menyebutkan akan ada pertemuan tahunan yang bisa berlangsung di kedua negara
Kuala Lumpur (ANTARA News) - Pemerintah Indonesia dan Malaysia telah menandatangani kesepakatan kerja sama (MoU) tentang kesejahtaraan sosial dan pembangunan masyarakat. Kesepakatan tersebut merupakan salah satu hasil pertemuan konsultasi tahunan ke - 9 yang berlangsung di Malaysia, Selasa.

Kesepakatan itu ditandatangani oleh Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri dan Menteri Luar Negeri Malaysia, Anifah Aman yang mewakili Menteri Pembangunan Wanita, Keluarga dan Masyarakat serta disaksikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Perdana Menteri Najib Tun Razak.

Mensos mengatakan kesepakatan tersebut meliputi tukar menukar informasi, pertukaran pakar, saling berkunjung, pelatihan bersama, workshop ataupun seminar termasuk dalam perlindungan karya intelektual.

Saat ini, sudah dirancang sejumlah program dan telah diaturkan jadwalnya sehingga kesepakatan tersebut dapat berjalan dengan baik dan tidak sekedar pajangan.

"Kita tidak ingin kesepakatan ini hanya menjadi pajangan," tegasnya dengan menyebutkan akan ada pertemuan tahunan yang bisa berlangsung di kedua negara.

Kesepakatan ini, kata Mensos, adalah yang pertama kalinya dilakukan oleh kementeriannya dengan pihak Malaysia. "Tapi ini semua sudah dirancang lama dan sekarang ini baru terlaksana," ungkapnya.

(N004)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012