Balikpapan (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor mengungkapkan bahwa Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Balikpapan, Kaltim, banyak membahas kerja sama dan tugas pembangunan seluruh provinsi di Indonesia.

"Termasuk soal tanggung jawab dan tugas gubernur sebagai wakil pemerintah pusat di daerah dan sebagai kepala daerah" kata Isran Noor dalam sambutan pembukaan Rakernas APPSI di Balikpapan, Kamis.

Pada kesempatan itu, Gubernur Kaltim yang juga Ketua Umum APPSI mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang telah berkenan hadir membuka Rakernas APPSI tahun 2023.

“Selamat datang Pak Presiden dari daerah Jakarta. Kami bangga, kami bahagia atas kehadiran Bapak Presiden,” buka Gubernur Isran Noor disambut riuh tepuk tangan hadirin.

Mantan Bupati Kutai Timur itu juga berharap agar Rakernas APPSI bisa menghasilkan rumusan yang bermanfaat bagi penyelenggaraan pemerintahan di seluruh provinsi di Indonesia.

Kepada Presiden Joko Widodo, Gubernur Isran Noor juga memohonkan izin jika nanti ada gubernur atau kepala daerah yang akan ikut dalam kontestasi pemilihan presiden pada tahun 2024, mengingat Presiden Joko Widodo sendiri juga mantan anggota APPSI yang akhirnya sukses menjadi Presiden RI.

Gubernur Isran Noor menjelaskan Rakernas APPSI 2023 merupakan momentum penting untuk lebih mempererat jalinan kerja sama dan kemitraan yang saling menguntungkan dari pemerintah provinsi se-Indonesia.

Rakernas ini juga akan menjadi media untuk dapat terus membangun hubungan harmonis antara pemerintah provinsi dengan pemerintah pusat demi mendukung sukses penyelenggaraan pemerintahan daerah dan otonomi daerah.

"Terpenting bagaimana secara bersama merumuskan langkah-langkah menuju terwujudnya kemakmuran dan kesejahteraan rakyat yang berkeadilan. Termasuk menyokong kerja besar pemerintah mewujudkan ibu kota negara, Ibu Kota Nusantara," kata Gubernur Isran Noor.

Rakernas akan membahas sejumlah isu penting, antara lain terkait Rancangan UU Sistem Pengelolaan Sumber Daya Alam serta polemik Dana Bagi Hasil Sektor Pertambangan dan Perkebunan.

Selanjutnya pada persidangan lainnya juga akan dibahas topik tentang pendayagunaan tenaga honorer dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Rakernas juga akan mengesahkan program kerja APPSI 2023. Rakernas APPSI kali ini dihadiri 235 undangan, termasuk jajaran Forkopimda Kaltim dan para bupati/wali kota se-Kaltim. Gubernur Kaltim H Isran Noor selaku Ketua Umum APPSI akan memimpin langsung semua persidangan dalam rakernas tersebut .

Baca juga: Jokowi hadiri Rakernas APPSI dan tinjau proyek IKN

Baca juga: Sejumlah gub dan wagub tiba di Kaltim untuk hadiri Rakernas APPSI

Baca juga: Pemprov Kaltim siapkan lahan untuk Muhammadiyah di IKN

 

Pewarta: Arumanto
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2023