Samarinda (ANTARA) -
Penjabat Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik bersama Forkopimda Kaltim, Pemerintah Kota Samarinda, dan Jasa Raharja memantau Operasi Ketupat pada malam Idul Fitri 1445 Hijriah di Samarinda, Selasa malam.
 
"Kami pantau bersama terkait arus mudik dan melihat posko-posko pelayanan Operasi Ketupat yang dikawal bersama kepolisian setempat," ujar Akmal Malik.
 
Secara keseluruhan, ia menilai kegiatan posko-posko tersebut berjalan dengan baik, meskipun terdapat satu kecelakaan tunggal di Tol Samarinda-Balikpapan yang mengakibatkan satu orang meninggal dunia.
 
"Kita doakan semoga korban kecelakaan husnulkhatimah. Kami harap kepada seluruh masyarakat untuk memastikan kondisi sopir dan kendaraan fit sebelum melakukan perjalanan," katanya.
 
Ia juga mengapresiasi peran posko-posko Operasi Ketupat sebagai sarana komunikasi masyarakat kepada pemerintah.
 
"Posko ini siap melayani masyarakat yang membutuhkan. Semua posko pelayanan berjalan dari tujuh kabupaten dan tiga kota, yang berada di bawah komando polda, polres, dan polresta," katanya.

Baca juga: Polri terapkan kembali rekayasa lalu lintas di Japek dan Cipali
 
Ia juga mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah kepada seluruh masyarakat Kaltim, khususnya Samarinda.
 
"Mari berbahagia, tetapi utamakan keselamatan dan kesehatan. Terima kasih kepada jajaran kepolisian yang terus mengawal posko ini," ujarnya.

Sebelumnya, Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik melakukan peninjauan di beberapa tempat keramaian pada puncak arus mudik Lebaran, di antaranya posko di Bandara APT Pranoto Samarinda, Terminal Tipe A Samarinda Seberang, Pelabuhan Semayang Balikpapan, Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan, dan Pelabuhan Penyeberangan Ferry di Kariangau, Balikpapan.

Peninjauan itu guna memastikan arus mudik di Kalimantan Timur berjalan tertib dan lancar, termasuk untuk mengingatkan para sopir bus Trans Kalimantan agar mengemudi secara hati-hati dan memperhatikan keselamatan penumpang.

Baca juga: Kapolda ingatkan enam faktor penyebab kecelakaan saat arus mudik
Baca juga: Pemerintah pastikan penyelenggaraan mudik ramah kelompok rentan

Pewarta: Ahmad Rifandi
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024