Jakarta (ANTARA) - Menjelang tayang di bioskop pada 19 April mendatang, film “Buya Hamka” mendapat dukungan dari organisasi Islam hingga kampus Islam.

Film ini diprakarsai oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI), rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta, PP Muhammadiyah se Jabodetabek, MUI, dan organisasi lainnya yang mengadakan spesial screning film Buya Hamka di XXI Epicentrum.

Usai menonton film “Buya Hamka”, Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta, Ma'mun Murod Al Barbasy mengungkapkan umat Islam Indonesia, sudah sewajarnya menonton film ini.

“Begitu banyak pelajaran yang bisa diambil dari film Buya Hamka. Inikan baru volume 1, masih ada voleme 2 dan 3 yang akan lebih banyak cerita-cerita yang pantas kita ambil sebagai uswah, sebagai contoh dan tauladan bagi kita semua. Bangsa Indonesia, umat Islam, saya kira perlu untuk menonton film Buya Hamka,” kata dia dalam siaran resminya, Senin.

Baca juga: Vino G. Bastian akui sempat kesulitan dalami karakter Buya Hamka

Sementara itu, Sekretaris PP Muhammadiyah, Izul Muslim juga mengimbau kepada seluruh warga Muhammadiyah untuk menonton film ini.

“Saya berharap warga Muhammadiyah menonton film Buya Hamka. Bukan hanya sebagai hiburan, tapi kita bisa mengambil hikmah dan pelajaran dari kehidupan Buya Hamka. Beliau adalah tokoh Muhammadiyah yang juga tokoh nasional. Saya kira film ini cocok ditonton oleh siapapun tidak hanya muslim saya kira, karena yang disampaikan Buya ini, pemikiran universal. Karena, beliau inikan juga nasionalis juga. Saya kira pemikiran-pemikiran dan semangat Buya ini pantas dijadikan tauladan," imbauan Izul.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua MUI bidang Kerukunan Umat Beragama, Buya Yusnar. Dia mengajak agar seluruh masyarakat Indonesia bisa menyaksikan kisah hidup Buya Hamka ini.

Baca juga: Film "Buya Hamka" hingga risiko kesehatan bila tunda tidur 34 menit

“MUI sebagai lembaga keulamaan, dan juga yang menganjurkan dibuatnya film ini, saya mengimbau kepada seluruh bangsa Indonesia, marilah kita tonton film Buya Hamka ini, sebagai film yang memberikan inspirasi yang sangat baik untuk kepentingan kita ke depan," jelasnya.

Film yang akan tayang di seluruh bioskop Indonesia pada tanggal 19 April 2023 ini akan diperankan oleh Vino G Bastian, Laudya C. Bella, Desy Ratnasari, Donny Damara, Anjasmara, Reza Rahardian, dan berbagai nama pelakon papan atas lainnya. 

Baca juga: Butuh 30 hari bangun set surau dan kincir angin "Buya Hamka"

Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023