Lubuk Basung,- (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, membenahi museum kelahiran Buya Hamka di Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya, menjelang libur Idul Fitri 1445 Hijriah dalam menarik kunjungan wisatawan ke daerah itu.
 
Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Agam Jupri di Lubuk Basung, Selasa, mengatakan pembenahan sedang berlangsung mulai dari pembenahan bangunan, taman dan lainnya dalam menyambut libur Idul Fitri.
 
"Pembenahan telah kita lakukan dan akan rampung menjelang Idul Fitri nanti," katanya.
 
Ia mengatakan pembenahan itu dilakukan agar pengunjung lebih nyaman berada di museum tersebut, sehingga jumlah kunjungan lebih banyak.

Baca juga: Vino dan Bella ungkap tantangan produksi "Hamka & Siti Raham vol.2"

Baca juga: "Hamka & Siti Raham vol.2" sajikan romansa serta perjuangan
 
Ini mengingat bahwa Museum Kelahiran Buya Hamka banyak dikunjungi saat libur Idul Fitri maupun libur sekolah dibandingkan objek wisata lainnya di Kecamatan Tanjung Raya.
 
"Kita bakal menampilkan kesenian anak nagari setempat saat libur Idul Fitri nanti, dalam menghibur pengunjung," katanya.
 
Ia mengakui museum ini banyak dikunjungi wisatawan domestik dan mancanegara terutama dari Malaysian, Brunei Darussalam dan lainnya.
 
Target kunjungan ke Museum Kelahiran Buya Hamka pada tahun ini melebihi 28 ribu orang. Sedangkan tahun sebelumnya jumlah kunjungan ke museum itu sebanyak 28 ribu orang.
 
Untuk mencapai target itu, mengadakan kegiatan di museum tersebut bekerja sama dengan Balai Kelestarian Budaya Wilayah III Sumbar.
 
Kegiatan yang bakal digelar berupa Festival Danau Maninjau beberapa hari dan kegiatan itu merupakan agenda tahunan.
 
"Saat ini kita sedang melakukan persiapan Festival Danau Maninjau," katanya.*
   

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024