Harga daging sapi belum ada peningkatan, masih Rp130.000 per kilogram.
Medan (ANTARA) - Harga daging sapi segar di sejumlah pasar tradisional Kota Medan, Sumatera Utara menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah masih bertahan di bawah Harga Eceran Tertinggi (HET) yakni Rp130.000 per kilogram (kg).

Kepala Seksi Pengendalian Barang Pokok Harga dan Promosi (PBPHP) Disperindang Sumut Iskandar Zulkarnaen, di Medan, Senin, mengatakan hasil pantauan Disperindag Sumut, harga daging sapi di Sumut khususnya Kota Medan masih sesuai dengan Peraturan Badan Pangan Nasional No 11 Tahun 2022.

"Harga daging sapi masih di bawah Harga Eceran Tertinggi, yakni Rp130.000 per kilogram," ujar Iskandar.

Meskipun harga daging sapi masih terpantau stabil, namun Iskandar mengatakan pihaknya tetap melakukan pemantauan terhadap harga daging sapi di sejumlah pasar yang ada di kabupaten/kota di Sumut.

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan harga daging sapi menjelang Lebaran 2023.

"Disperindag tetap melakukan pemantauan dan melakukan pasar murah di beberapa kabupaten/kota serta melakukan sidak ke sejumlah pasar bersama satgas pangan dari Polda Sumut dan OPD terkait," katanya.

Pantauan pasar, di Medan, harga daging sapi rata rata dijual Rp120.000 per kilogram (kg) hingga 130.000 per kilogram (kg)

"Harga daging sapi belum ada peningkatan, masih Rp130.000 per kilogram," kata seorang pedagang Pasar Sukaramai.

Menurut data Disperindag Sumut, harga daging sapi di wilayah Sumut lainnya, seperti, Kabupaten Asahan, Kabupaten Batubara, Kabupaten Dairi, Kabupaten Deliserdang, Kabupaten Karo, Nias, dan Kota Binjai masing- masing dijual rata-rata Rp120.000 hingga Rp140.000 per kilogramnya.
Baca juga: Jelang Ramadhan, harga daging sapi segar di Batam tembus Rp170.000/kg
Baca juga: Pemerintah siapkan daging kerbau murah atasi gejolak harga daging sapi

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023