“Ambil ilmu. Belajarlah baik-baik untuk pada saat anda kembali, anda bangun bangsa kita. Kita sangat butuh pemuda-pemudi yang mampu bekerja di segala bidang untuk mempercepat pembangunan nasional,”
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto pada sela-sela kegiatannya di pameran Hannover Messe 2023, Hannover, Jerman, mengingatkan mahasiswa Indonesia yang dia temui di lokasi acara untuk kembali ke tanah air setelah mereka menyelesaikan studinya di Jerman.

Prabowo, sebagaimana dikutip dari siaran tertulisnya di Jakarta, Senin, menyampaikan Indonesia membutuhkan kontribusi anak-anak muda yang berprestasi, termasuk para mahasiswa Indonesia yang mengenyam pendidikan di Jerman, untuk membangun negeri.

“Ambil ilmu. Belajarlah baik-baik untuk pada saat anda kembali, anda bangun bangsa kita. Kita sangat butuh pemuda-pemudi yang mampu bekerja di segala bidang untuk mempercepat pembangunan nasional,” kata Menteri Pertahanan RI saat bertemu mahasiswa Indonesia di Hannover, Minggu (16/4).

Dalam pertemuan yang sama, Prabowo juga berpesan kepada para mahasiswa untuk belajar dengan penuh tanggung jawab. Dia juga berbagi cerita saat menempuh studi di luar negeri dan menghadapi berbagai tantangan, termasuk di antaranya jauh dari keluarga.

“Kami butuh kalian. Belajarlah yang baik. Saya mengerti kalau di luar ini tidak ringan, apalagi kalian jauh dari keluarga, jauh dari kerabat. Tetapi ya itulah tantangannya. Saya dulu juga begitu, di sini, apalagi saat winter (musim dingin, red.) ya, dan mungkin uang saku juga terbatas,” kata Prabowo ke para mahasiswa.

Terlepas dari berbagai tantangan dan kesulitan yang dihadapi saat berkuliah di luar negeri, Prabowo ke para mahasiswa mengingatkan itu merupakan kesempatan yang luar biasa dan harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

“Belajar di luar negeri ini luar biasa. Gunakan kesempatan sebaik-baiknya ya,” kata Prabowo.

Dalam pertemuan singkat itu, Menteri Pertahanan RI juga sempat bercakap-cakap dengan Bahasa Jerman ke para mahasiswa.

“Saya masih ingat (Bahasa Jerman) sedikit,” kata Menhan RI.

Salah satu mahasiswa pun lanjut bertanya berapa lama Prabowo belajar Bahasa Jerman.

“Saya belajar Bahasa Jerman sejak 1981. Anda belum lahir,” kata Prabowo disambut gelak tawa beberapa mahasiswa yang berdiri mengelilingi Menhan RI.

Selepas berbincang-bincang, Prabowo bersama mahasiswa Indonesia di Hannover itu pun menutup pertemuan dengan berfoto bersama.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023