Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyebutkan bahwa sosialisasi terkait adanya Paviliun Indonesia di ajang Hannover Messe 2023 kepada masyarakat menjadi langkah penting untuk menggaet lebih banyak pihak berinvestasi di Indonesia.

“Kominfo terus menyosialisasikan kegiatan Indonesia Partner Country Hannover Messe 2023 kepada masyarakat agar mereka mengetahui manfaat yang didapatkan atas penyelenggaraan pameran ini,” ujar Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kemenkominfo Usman Kansong dalam keterangan tertulisnya yang diterima ANTARA, Selasa.

Dalam ajang Hannover Messe 2023, Indonesia menjadi satu-satunya negara ASEAN yang menjadi negara mitra resmi di pameran perdagangan dan industri tersebut.

Indonesia dalam kesempatan tersebut membuka Paviliun Indonesia yang didesain seperti Kapal Pinisi dengan pesan ingin menghadirkan semangat Indonesia dalam mengarungi tantangan masa depan.

Baca juga: Indonesia targetkan tarik investor di pameran Hannover Messe 2023

Harapannya Paviliun Indonesia ini bisa menarik lebih banyak perhatian investor dari Eropa untuk berinvestasi di Indonesia sehingga nantinya bisa menciptakan lebih banyak lapangan pekerjaan dan mendorong pertumbuhan ekonomi negara.

"Kita ingin menyampaikan kepada masyarakat, ada manfaat konkret yang akan diterima oleh masyarakat karena nanti yang menikmati lapangan pekerjaan adalah masyarakat," ujar Usman.

Selain sosialiasi terkait peran negara di Hannover Messe 2023 sebagai mitra resmi, Kemenkominfo juga menghadirkan dukungan lain berupa fasilitasi bagi para perusahaan rintisan atau startup asal Indonesia untuk berpartisipasi memamerkan inovasinya di ajang tersebut.

Baca juga: Pemerintah Indonesia libatkan semua sektor di Hannover Messe 2023

Para startup yang hadir diajak untuk memamerkan produk dan inovasi yang diharapkan menjadi daya tarik untuk investor di Hannover Messe 2023 menanamkan modalnya mendukung ekonomi digital Indonesia.

“Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika melakukan pendampingan terhadap startup yang ikut serta membuka booth atau berpameran di Hannover Messe,"kata Usman.

Hannover Messe 2023 berlangsung di Hannover Fairground, Hannover, Jerman mulai dari tanggal 17 s.d. 21 April 2023.

Pameran industri terbesar di Eropa ini menghadirkan berbagai teknologi dan inovasi di bidang industri dari seluruh dunia.

Indonesia secara keseluruhan membawa 157 co-exhibitor dari berbagai bidang mulai dari pihak swasta, BUMN, kawasan industri, hingga kawasan ekonomi khusus untuk ikut dalam pameran tersebut.

Baca juga: Airlangga: Kapal Pinisi gambarkan kekuatan perekonomian RI

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023