Kapal Pinisi yang bertemakan ‘Infinite Journey’ ini seolah menggambarkan perjalanan negara Indonesia sebagai kekuatan global yang baru muncul dan sedang menanjak....
Hannover, Jerman (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian    Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa Kapal Pinisi bertemakan “Infinite Journey” yang hadir di tengah Paviliun Indonesia dalam ajang Hannover Messe 2023 menggambarkan kekuatan perekonomian Indonesia.

“Kapal Pinisi yang bertemakan ‘Infinite Journey’ ini seolah menggambarkan perjalanan negara Indonesia sebagai kekuatan global yang baru muncul dan sedang menanjak. Filosofinya adalah kami optimis akan tantangan masa depan serta kolaborasi informasi teknologi dan otomatisasi. Indonesia juga akan selalu percaya diri, optimis dan maju dalam pengembangan industri 4.0”, kata Menko Airlangga di Hannover, Jerman, Senin.

Sejauh ini di Hannover Messe 2023 sudah 27 perjanjian kerja sama baru yang ditandatangani.

Baca juga: Jokowi resmikan Paviliun Indonesia di Hannover Messe 2023

Airlangga menambahkan bahwa nilainya mencapai 1,9 miliar dolar AS dan diharapkan akan terus bertambah selama beberapa hari ke depan. Perjanjian itu diharapkan dapat membuka sekitar 80.000 lapangan kerja.

Sebagai penutup, Presiden Joko Widodo menunjukkan keyakinannya pada percepatan transformasi industri nasional, sekaligus mengajak para investor untuk menanamkan investasi di Indonesia.

“Maka dengan spirit of Infinite Journey, let’s sail together and accelerate industrial transformation for a better world. Because invest in Indonesia means invest in a brighter future”, tutup Presiden.

Setelah peresmian, Presiden Jokowi dijadwalkan akan melakukan walkabout ke berbagai macam booth industri unggulan Indonesia, serta menghadiri business summit bersama dengan Kamar Dagang Indonesia (Kadin) dan Asia-Pacific Committee of German Business (APA).

Baca juga: Presiden Jokowi ajak Jerman berinvestasi di tiga sektor prioritas

Peresmian juga dihadiri oleh Kanselir Jerman, Olaf Scholz, Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi dan Menteri BUMN, Erick Thohir.

Hannover Messe 2023 berlangsung pada 17–21 April di Pusat Pameran Hannover, Niedersachsen, Jerman.

Tahun ini, Indonesia mencetak prestasi sebagai negara ASEAN pertama yang berpartisipasi sebagai Official Partner Country untuk ketiga kali.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023