Surabaya (ANTARA) - Subholding PT Pelindo Terminal Petikemas (SPTP) membagikan sebanyak 15.227 paket sembako gratis bagi masyarakat yang membutuhkan khususnya yang tinggal di sekitar area Terminal Petikemas menjelang Lebaran tahun ini.

"Paket sembako tersebut dibagikan di lebih 20 titik lokasi terminal yang dikelola oleh perseroan dan juga anak perusahaan SPTP," kata Corporate Secretary SPTP Widyaswendra dalam keterangan tertulisnya di Surabaya, Selasa.

Paket sembako yang dibagikan secara gratis tersebut berisi bahan makanan pokok yang umum dikonsumsi oleh masyarakat. Terdiri dari beras, gula, minyak goreng dan beberapa bahan makanan lainnya.

"Paket sembako tersebut bagi mereka yang tinggal di area sekitar pelabuhan. Termasuk juga para pekerja bongkar muat (TKBM) yang bekerja di area terminal peti kemas," kata Widyaswendra.

Jika dirupiahkan nilai sembako yang dibagikan secara gratis kepada masyarakat tersebut mencapai Rp2,88 miliar. Selain membagikan paket sembako gratis, SPTP juga memberikan paket bantuan bagi anak yatim sejumlah 1.078 paket senilai Rp226 juta.

Juga paket takjil gratis di sejumlah masjid sebanyak 18.217 paket dengan nilai sebesar Rp396 juta.

Sejumlah bantuan tersebut, kata dia, merupakan bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan. Menurutnya, momentum Ramadhan digunakan oleh perusahaan untuk mendekatkan diri dan kembali menunjukkan kepedulian kepada masyarakat sekitar terminal peti kemas.

"Dengan bantuan tersebut semoga menambah semangat dalam menyambut hari raya Idul Fitri," ujarnya.

Salah satu penerima paket sembako gratis, M.Khusen (45) warga kelurahan Tambak Osowilangun menuturkan, pihaknya menerima sembako gratis karena pemukimannya dekat dengan salah satu area terminal SPTP yakni Terminal Teluk Lamong.

M. Khusen adalah satu dari 15 ribu orang penerima paket sembako gratis yang dibagikan di lokasi tersebut, Jumat (14/4) lalu. Menurutnya, paket tersebut dapat digunakan untuk menambah kebutuhan menjelang hari Lebaran tahun 2023.

"Terima kasih kepada PT Pelindo Terminal Petikemas yang turut memperhatikan kami para buruh. Semoga memberikan manfaat kebaikan bagi semua pihak," kata Khusen.

 

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023