Banten (ANTARA) - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif meninjau Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBB) di Pelabuhan Merak Banten untuk memastikan ketersediaan bahan bakar operasional kapal ferry, pada Selasa (18/4).

"Kita tidak boleh lengah dalam memantau situasi-situasi terkini terkait puncak arus mudik sehingga dapat diantisipasi dengan baik," kata Arifin.

Arifin menyampaikan bahwa dalam menghadapi Angkutan Lebaran tahun ini, perlu diwaspadai pergerakan penumpang dan kendaraan yang diprediksikan meningkat pada Rabu (19/4) atau H-3 hingga Kamis (20/4) atau H-2.

Baca juga: Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak Banten ramai antrean kendaraan

Ia menekankan pentingnya koordinasi dan komunikasi yang baik antara seluruh pemangku kepentingan, terutama dalam memastikan ketersediaan pasokan BBM.

Menurut dia, koordinasi diperlukan untuk memastikan keamanan, kenyamanan, dan keselamatan para pemudik yang akan melintasi pelabuhan tersebut.

Lebih lanjut Arifin Tasrif juga mengingatkan Pertamina untuk memastikan stok BBM aman untuk memenuhi kebutuhan para pemudik.

Ia meminta kepada Pertamina untuk menambah fasilitas, salah satunya fasilitas pengiriman atau BBM motoris untuk melayani pada saat darurat seperti kemacetan panjang.

Arifin berharap, stok BBM yang sudah tersedia cukup untuk melayani para pemudik dengan sehingga, sehingga arus mudik tahun ini bisa berjalan lancar.

"Fasilitas yang disediakan harus ditingkatkan, harus ditambah lagi supaya lebih baik,” ujarnya.

Berdasarkan data Posko Merak selama 24 jam (periode 17 April 2023 pukul 08.00 WIB hingga 18 April 2023 pukul 08.00 WIB) atau H-5, tercatat jumlah kapal yang beroperasi sebanyak 43 unit kapal.

Adapun realisasi total penumpang mencapai 82.448 orang atau turun 13 persen persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 94.561 orang.

Sebaliknya, data Posko Bakauheni pada H-5 (24 jam) tercatat realisasi total penumpang mencapai 46.396 orang atau naik 15 persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 40.449 orang.

Baca juga: Kapolda Banten cek pengamanan mudik lebaran Pelabuhan Merak

Baca juga: Dermaga Pelabuhan Merak tampak sepi pada siang hari

Baca juga: Jumlah penumpang di Pelabuhan Merak pada H-7 capai 74.104 orang

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023