memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pemudik
Jakarta (ANTARA) - Ratusan personel keamanan dikerahkan di Terminal Kampung Rambutan untuk membantu memberikan layanan keamanan bagi para pemudik yang berangkat dari terminal tersebut.

"Terkait keamanan kami sudah berkoordinasi dengan anggota TNI dan Polri serta pihak lainnya," kata Kepala Regu Khusus Terminal Kampung Rambutan Mulyono, Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan Terminal Kampung Rambutan telah menggandeng sekitar 50 anggota TNI dan Polri untuk membantu mengamankan situasi di terminal tersebut selama masa Angkutan Mudik Lebaran 2023.

Sementara itu, puluhan personel lainnya dari Satpol PP, tim Pemadam Kebakaran dan Dinas Sosial juga turut diperbantukan dalam pengamanan Angkutan Mudik Lebaran tahun ini.

Para anggota TNI dan Polri ditempatkan di Posko Utama Pelayanan Angkutan Mudik Lebaran 2023 yang berada di ruang tunggu Terminal Kampung Rambutan.

Baca juga: Petugas gabungan cek kesiapan jalur selatan Jateng hadapi Lebaran 2023
Baca juga: AP II siagakan 6.500 petugas di Bandara Soetta selama mudik Lebaran


Personel lainnya juga dikerahkan di beberapa titik lain di area terminal untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pemudik yang berangkat dari terminal tersebut.

"Jadi tujuannya adalah memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pemudik," katanya.

Upaya itu, kata dia, sesuai dengan arahan Pj Gubernur dan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta untuk memberikan pelayanan semaksimal mungkin kepada para pemudik.

Selain layanan keamanan, pos layanan kesehatan juga tersedia di Terminal Kampung Rambutan.

Di pos tersebut, para pengemudi diperiksa kesehatannya agar mereka bisa menjalankan tugas dengan baik. Para penumpang juga bisa memeriksakan kesehatan mereka di pos tersebut.

Pada Selasa siang, puluhan bus yang akan mengantarkan penumpang ke berbagai daerah tersedia di Terminal Kampung Rambutan.

Mayoritas bus yang ada menuju ke arah Jawa Barat dan Jawa Tengah. Sementara itu, di loket pembelian, tidak ada antrean berarti. Para penyedia layanan tampak tidak terlalu sibuk melayani penumpang.

Baca juga: Kapolri ingatkan warga lapor ke petugas bila mudik tinggalkan rumah

Pewarta: Katriana
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023